Kompas.com - 21/06/2022, 18:00 WIB

 

BEIJING, KOMPAS.com - Curah hujan terberat dalam beberapa dasawarsa telah memicu banjir dan tanah longsor di China selatan, memaksa ratusan ribu orang dievakuasi, media pemerintah melaporkan.

Hujan deras telah membahayakan saluran air di dataran rendah lembah Sungai Pearl dalam beberapa hari terakhir.

Baca juga: Jutaan Korban Banjir Mematikan di Bangladesh dan India Menanti Bantuan

Banjir bandang mengancam operasi manufaktur, pengiriman dan logistik. Padahal saat ini, rantai pasokan sudah dalam kondisi tertekan karena kontrol ketat Covid-19 di China.

Curah hujan rata-rata di provinsi Guangdong, Fujian dan Guangxi antara awal Mei dan pertengahan Juni mencapai 621 milimeter, tertinggi sejak 1961, menurut Pusat Meteorologi Nasional China sebagaimana dilansir The Straits Times pada Selasa (21/6/2022).

Foto-foto media pemerintah menunjukkan orang-orang berkerumun di tempat tidur kamp di sekolah yang diubah menjadi tempat penampungan sementara di kota Shaoguan, Guangdong. Ratusan telah tenda didirikan di lapangan olahraga.

Di wilayah tetangga Guangxi, air berlumpur terlihat membanjiri daerah perkotaan. Tim penyelamat darurat terlihat mengevakuasi penduduk desa dengan perahu karet.

 Baca juga: 21 Orang Tewas Tersambar Petir saat Badai dan Banjir Terjang India dan Bangladesh, Jutaan Mengungsi

Pihak berwenang Guangdong mengatakan pada Senin (20/6/2022) bahwa lebih dari 200.000 orang telah dievakuasi selama bencana. Kerusakan sejauh ini diperkirakan mencapai 1,7 miliar yuan (Rp 3,7 triliun).

Para pengungsi termasuk di antara hampir 480.000 orang yang terkena dampak hujan dan banjir, menurut para pejabat.

Shaoguan mengeluarkan peringatan banjir merah - yang paling serius - pada Selasa (21/6/2022) pagi. Itu diaktifkan setelah beberapa daerah pedesaan dan kota besar Foshan meningkatkan peringatan banjir mereka dalam beberapa hari terakhir.

Guangxi dilanda banjir terparah sejak 2005, menurut laporan media lokal.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.