Kompas.com - 21/06/2022, 10:25 WIB

YERUSALEM, KOMPAS.com - Perdana Menteri Israel Naftali Bennett secara efektif mengakhiri masa jabatannya sebagai perdana menteri setelah hanya satu tahun menjabat.

Bersama dengan sekutu utamanya, Menteri Luar Negeri Yair Lapid, yang tampaknya akan menggantikannya sebagai pemimpin paling cepat minggu depan, Bennett setuju mengajukan RUU untuk membubarkan parlemen, yang jika disahkan akan memicu pemilihan umum akhir tahun ini.

Dilansir CNN, pengumuman itu menyusul berminggu-minggu meningkatnya ketidakpastian politik di Israel, yang ke depannya masih menjadi kejutan besar.

Baca juga: Israel Akan Ganti PM dari Naftali Bennett ke Yair Lapid

Sebuah pernyataan singkat dari Kantor Perdana Menteri mengatakan langkah itu dilakukan "setelah upaya untuk menstabilkan koalisi telah habis."

Sebuah RUU akan diajukan ke parlemen di beberapa titik pada minggu depan.

Jika disahkan, Lapid akan menjadi Perdana Menteri keempat belas negara itu, sejalan dengan kesepakatan koalisi awal yang dicapai tahun lalu.

Ini juga berarti rakyat Israel akan pergi ke tempat pemungutan suara untuk kelima kalinya dalam waktu kurang dari empat tahun.

Baca juga: Balas Roket Milisi Palestina, Israel Lancarkan Serangan Udara di Gaza

Agenda Lapid, dengan asumsi dia menjadi pemimpin, akan mempersiapkan kunjungan Presiden AS Joe Biden bulan depan.

Seorang pejabat senior pemerintah AS mengatakan perjalanan Biden ke Timur Tengah diperkirakan masih akan berlanjut meskipun terjadi pergolakan politik di Israel.

"Kami memiliki hubungan strategis dengan Israel yang melampaui satu pemerintahan. Presiden menantikan kunjungan bulan depan," kata pejabat Gedung Putih.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.