Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita di Balik Mata Berkaca-kaca Ratu Elizabeth II Saat Tampil di Penutupan Platinum Jubilee

Kompas.com - 12/06/2022, 19:02 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Daily Mail

LONDON, KOMPAS.com - Ratu Elizabeth II menjadi sorotan setelah gambar jarak dekat penampilannya di balkon Istana Buckingham dalam penutupan Platinum Jubilee memperlihatkan matanya seolah berkaca-kaca.

Selama 70 tahun masa pemerintahannya, pemimpin monarki Inggris terlama itu jarang terlihat mengungkapkan emosinya di depan umum. Tak heran jika dia dikenal sebagai salah satu tokoh publik paling tenang di dunia.

Baca juga: Pangeran Charles Sampaikan Pidato Emosional untuk Ratu Elizabeth II: Anda Terus Membuat Sejarah

Tapi laporan Daily Mail pada Minggu (12/6/2022) mengungkap keterangan dari orang dalam Keluarga Kerajaan Inggris, yang mengatakan Ratu Elizabeth II “meneteskan dan emosional” selama penutupan perayaan Jubilee Minggu lalu.

Hal itu terjadi salah satunya karena curahan besar terima kasih dari publik Inggris dan dari seluruh Persemakmuran.

Banyak pengamat menilai puncak acara empat hari itu datang ketika Ratu Elizabeth akhirnya muncul di balkon Istana Buckingham setelah terpaksa absen dalam sejumlah besar acara Platinum Jubilee.

Pemimpin monarki berusia 96 tahun itu mengenakan gaun wol krep Stewart Parvin berwarna hijau cerah, dan mantel dengan topi yang serasi buatan Rachel Trevor-Morgan.

Dia terlihat berdiri berdampingan dengan “versi ramping” dari anggota kerja resmi Keluarga Kerajaan Inggris.

Namun momen bersejarah itu sebenarnya hampir saja tidak terjadi sama sekali.

Baca juga: Kim Jong Un Ucapkan Selamat ke Ratu Elizabeth II atas Platinum Jubilee 70 Tahun Bertakhta

"Sang Ratu baru memutuskan bahwa dia akan pergi ke London sekitar tiga jam sebelum penampilan di balkon,” seorang sumber mengatakan kepada Daily Mail.

"Dia tidak merasa sangat prima (kondisi kesehatan), tetapi Pangeran Wales meneleponnya dan mengatakan kepadanya bahwa dia benar-benar harus datang jika dia bisa.”

Putranya, Pangeran Charles disebut mengatakan kepada Ibunya, bahwa ada begitu banyak orang yang putus asa sangat ingin melihatnya.

“Dia (Pangeran Charles) meyakinkan Sang Ratu untuk datang,” ungkap sumber tersebut.

Terpanggil oleh tugas, Ratu Elizabeth II akhirnya melakukan perjalanan dari Windsor ke London dan tercengang dengan niat baik warga yang ditunjukkan kepadanya ketika dia tiba.

"Sang Ratu benar-benar terharu dengan jumlah orang yang menunggu untuk melihatnya - dia meneteskan air mata sebelum dia melangkah keluar di balkon."

Dengan persetujuan dari Pangeran Wales dan Duke of Cambridge (Pangeran William), penampilan tersebut dikoreografikan dengan hati-hati pada momen-momen terakhir.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com