Kompas.com - 09/06/2022, 08:02 WIB

JENEWA, KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) mengkritik hak veto yang digunakan China dan Rusia terkait sanksi PBB atas Korea Utara, yang dinilainya tidak sesuai dengan komitmen untuk menjaga keamanan dunia.

"Penjelasan mereka (China dan Rusia) untuk menggunakan hak veto tidak cukup, tidak kredibel dan tidak meyakinkan. Hak veto tidak digunakan untuk melayani keselamatan dan keamanan kolektif kita," kata DeLaurentis, berbicara kepada majelis setelah China dan Rusia pada Rabu (8/6/2022) sebagaimana dilansir Reuters.

Baca juga: AS ke Korea Utara: Akan Ada Tanggapan Tegas jika Uji Senjata Nuklir Dilakukan

AS mempertanyakan apakah China dan Rusia meningkatkan kemitraan strategis "tanpa batas" mereka di atas keamanan global, dengan memveto lebih banyak sanksi PBB terhadap Korea Utara atas peluncuran rudal balistik barunya.

"Kami berharap veto ini bukan cerminan dari kemitraan itu," kata diplomat senior AS Jeffrey DeLaurentis dalam pertemuan Majelis Umum PBB yang beranggotakan 193 orang sebagai tanggapan atas veto di Dewan Keamanan dua minggu lalu.

China dan Rusia mendeklarasikan kemitraan "tanpa batas" pada Februari, hampir tiga minggu sebelum Rusia memulai invasinya ke Ukraina.

Veto mereka atas sanksi untuk Korea Utara secara terbuka memecah Dewan Keamanan PBB untuk pertama kalinya sejak mulai menghukum Pyongyang dengan sanksi pada 2006.

Selama hak jawab di Majelis Umum pada Rabu (8/6/2022), diplomat China Wu Jianjian mengatakan bahwa China dengan tegas menolak "komentar dan tuduhan yang tidak masuk akal terhadap posisi penggunaan hak veto China."

Baca juga: Balas Korea Utara, AS dan Korsel Tembakkan 8 Rudal Balistik

"Veto China terhadap rancangan resolusi yang diajukan AS sepenuhnya masuk akal dan dibenarkan," kata Wu.

"Terus meningkatkan sanksi terhadap DPRK (Korea Utara) hanya akan membuat kemungkinan solusi politik semakin kecil."

Misi Rusia di PBB tidak segera menanggapi permintaan komentar atas pernyataan AS tersebut.

Halaman:
Sumber Reuters
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.