Kompas.com - 08/06/2022, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Seorang jurnalis veteran Inggris dan pakar urusan adat Brasil hilang di Lembah Javari yang terpencil di Brasil, di bagian paling barat negara bagian Amazonas.

Dilansir CNN, jurnalis Dom Phillips dan Bruno Araujo Pereira, seorang staf yang sedang cuti dari Yayasan Nasional Adat Brasil (FUNAI), telah hilang selama lebih dari 30 jam, menurut Koordinasi Organisasi Adat.

Organisasi, yang dikenal sebagai UNIVAJA, mengatakan bahwa informasi satelit menunjukkan lokasi terakhir mereka berada di komunitas Sao Rafael pada Minggu pagi, dimana mereka diharapkan bertemu dengan seorang pemimpin lokal yang tidak pernah muncul.

Baca juga: Korban Tewas Akibat Banjir dan Tanah Longsor Brasil Mencapai 100 Jiwa

Setelah itu, mereka berencana melakukan perjalanan dua jam ke Atalaia do Norte, tetapi tidak pernah tiba, kata organisasi itu, yang pada Minggu (4/6/2022) mengerahkan dua tim penyelamat untuk mencari mereka.

Rumah bagi ribuan penduduk asli dan sekitar 16 kelompok yang belum tersentuh, Lembah Javari, adalah tambal sulam sungai dan hutan lebat yang membuat akses menjadi sangat sulit.

Pencarian Phillips dan Pereira masih berlangsung. Kantor kejaksaan federal Brasil dan polisi federal sedang menyelidiki penghilangan tersebut.

Menurut Eliesio Marubo, perwakilan hukum UNIVAJA, Angkatan Laut dan polisi militer negara bagian juga berpartisipasi dalam upaya pencarian.

Baca juga: Banjir Bandang dan Tanah Longsor Terjang Brasil, 34 Orang Tewas

Gubernur negara bagian Amazonas Wilson Lima telah memerintahkan pengerahan pasukan khusus polisi untuk memperkuat operasi pencarian dan penyelamatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNN
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.