Kompas.com - 02/06/2022, 19:01 WIB

HEBRON, KOMPAS.com – Tentara Israel kembali menembak mati seorang jurnalis perempuan Palestina pada Rabu (1/6/2022).

Jurnalis bernama Ghufran Harun Warasneh (31) tersebut ditembak dekat kamp pengungsi al-Arroub dan dinyatakan meninggal di rumah sakit.

Seorang saksi mata mengatakan kepada kantor berita Wafa bahwa Warasneh sedang berjalan menuju jalan utama ketika dua tentara yang berjaga di sebuah pos pemeriksaan militer memintanya untuk mendekati mereka.

Baca juga: Palestina: Tentara Israel Sengaja Tembak Mati Jurnalis Al Jazeera Shireen Abu Akleh

Saksi mata tersebut menambahkan, salah satu tentara Israel itu kemudian menembak Warasneh, sebagaimana dilansir Middle East Eye.

Di sisi lain, militer Israel mengeklaim bahwa seorang penyerang bersenjatakan pisau maju ke arah seorang tentara yang sedang melakukan kegiatan keamanan rutin di Route 60.

“Para prajurit menanggapi dengan tembakan langsung,” kata militer Israel.

Sementara itu, Bulan Sabit Merah Palestina melaporkan bahwa tentara Israel di tempat kejadian mencegah petugas medis untuk mencapai Warasneh selama 20 menit sebelum akhirnya mereka berhasil membawanya ke rumah sakit al-Ahli di Hebron.

Baca juga: Jurnalis Perancis Tewas di Ukraina, Macron Sedih Sekaligus Geram

Warasneh baru saja bergabung dengan kantor berita lokal, Dream, pekan ini. Hari Rabu seharusnya menjadi hari ketiganya di kantor barunya itu.

Warasneh, yang merupakan lulusan sekolah jurnalisme di Universitas Hebron, telah bekerja dengan beberapa jaringan media lokal sebelum bergabung dengan Dream.

Ibu Warasneh mengatakan kepada Wafa bahwa putrinya itu pernah ditangkap dan dipenjarakan selama tiga bulan karena meliput demonstrasi pro-Palestina pada Januari.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.