Kompas.com - 31/05/2022, 15:35 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya tahun ini, matahari tegak lurus dengan Kabah pada pukul 12.18 waktu setempat pada Sabtu (28/5/2022).

Dilansir Arab News, Majid Abu Zahra, kepala Astronomical Society di Jeddah, mengatakan bahwa pada saat tegak lurus, matahari berada pada ketinggian maksimum sekitar 90 derajat.

Ini berarti matahari akan sejajar secara vertikal di atas Kabah, menyebabkan bayangan Kabah hilang sama sekali dari keempat sisinya.

Baca juga: Matahari Berada di Atas Kabah 28 Mei 2022 dan 15 Juli 2022, Saatnya Luruskan Arah Kiblat

Fenomena tegak lurus matahari terjadi akibat letak Kabah ada antara khatulistiwa dan Tropic of Cancer.

Matahari menjadi berjajar dengan Kabah saat bergerak dari khatulistiwa ke Tropic of Cancer selama bulan Mei.

Letak matahari di atas Kabah biasanya digunakan untuk menentukan arah kiblat di daerah yang secara geografis jauh dari Mekkah.

Baca juga: Matahari Tepat di Atas Kabah pada 28 Mei dan 15 Juli, Begini Cara Meluruskan Kiblat

Caranya dengan menaruh sepotong kayu atau plastik secara vertikal di tanah, di mana naungan dipantau dan arah kiblat berlawanan arah, dimana perpanjangan naungan menunjukkan lokasi Kabah.

Seperti ditulis Kompas.com (23/5/2022), dalam ilmu falak, Kulminasi Agung di Ka'bah atau Matahari di atas Ka'bah disebut juga sebagai Rashdul Qiblah, yang bermakna meluruskan kiblat.

Itu terjadi secara global atau serentak di seluruh dunia.

Ada juga Rashdul Qiblah lokal atau harian, yaitu ketika Matahari terletak pada jalur yang menghubungkan Kabah dengan lokasi yang ingin dicek arah kiblatnya.

Baca juga: MUI: Kabah di Metaverse Bisa Dimanfaatkan untuk Persiapan Haji dan Umrah

Ini membuat waktu terjadinya dapat berubah-ubah setiap hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Arab News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.