Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendera Ukraina Berkibar di Puncak Putin, Polisi Kirgistan Luncurkan Penyelidikan

Kompas.com - 27/05/2022, 07:01 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber AFP

BISHKEK, KOMPAS.com – Polisi di Kirgistan sedang menyelidiki laporan yang menyebutkan adanya bendera Ukraina yang ditancapkan di atas Puncak Vladimir Putin.

Puncak salah satu gunung di Kirgistan tersebut memang dinamakan sesuai dengan nama Presiden Rusia saat ini untuk menghormati Putin.

Kirgistan, negara miskin yang 90 persen wilayahnya berupa pegunungan, adalah sekutu setia Rusia.

Baca juga: Pesawatnya Ditembak Rudal Stinger, Jenderal Rusia Tewas di Ukraina

Pada Selasa (24/5/2022), seorang pengguna Twitter mengunggah video bendera Ukraina berkibar di sebelah plakat Puncak Putin, 4.446 meter di atas permukaan laut.

"Beberapa hooligan membawanya ke sini dan menancapkannya, kami tidak tahu siapa mereka," tulis akun tersebut, sebagaimana dilansir AFP.

Pada Kamis (26/5/2022), seorang polisi di Ibu Kota Kirgistan, Bishkek, mengatakan kepada AFP bahwa mereka telah melakukan kontak dengan dua pendaki yang telah menuju Puncak Putin pada Selasa malam.

“Selama interogasi sebagai saksi, mereka menjelaskan bahwa mereka melihat bendera itu setelah mereka mendaki puncak dan merekamnya melalui telepon,” kata juru bicara kepolisian kepada AFP.

Baca juga: Rangkuman Hari ke-91 Serangan Rusia ke Ukraina, Rusia Kuasai 95 Persen Lugansk, Abramovich Jual Chelsea

Juru bicara itu mengatakan para pelaku kejahatan bisa menghadapi denda karena "hooliganisme".

Pengguna akun Twitter yang pertama kali mengunggah video tersebut menulis pada Kamis bahwa teman pendakiannya telah diinterogasi oleh polisi pada Kamis.

Dia juga menuturkan bahwa dia akan menjalani wawancara dengan polisi pada Jumat (27/5/2022).

Baca juga: Invasi Ukraina Mungkin Jadi Awal Perang Dunia Ketiga, jika Pecah Bisa Akhiri Peradaban

Puncak Putin diberi nama demikian pada 2011 setelah hubungan Kirgistan dengan Rusia menguat setelah revolusi yang terjadi tahun sebelumnya.

Pemimpin pertama Rusia pascaruntuhnya Uni Soviet, Boris Yeltsin, juga telah dihormati dengan gunungnya sendiri sembilan tahun sebelumnya yang tingginya 5.168 meter.

Kedua puncak tersebut lebih rendah daripada Puncak Lenin dengan ketinggian 7.134 meter yang terletak di perbatasan Kirgistan dengan Tajikistan, yang merupakan salah satu puncak tertinggi di wilayah tersebut.

Baca juga: Aset Kripto Anjlok, Penggalangan Dana untuk Ukraina Ikut Babak Belur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com