Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Busana Muslim Indonesia Disambut Antusias di Kazan Modest Fashion Show Rusia

Kompas.com - 24/05/2022, 21:30 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

KAZAN, KOMPAS.com - Sebanyak 250 hadirin dari kalangan desainer, pengamat fesyen, pejabat asing dan setempat, serta korps diplomatik di komplek budaya dan hiburan “Pyramid” Kazan pada 19 Mei 2022 menghadiri Kazan Modest Fashion Show (KMFS).

“Kita patut berbangga bahwa dalam rangkaian KazanSummit 2022 terdapat desainer-desainer berbakat Indonesia yang berpartisipasi memamerkan koleksi busana Muslim dalam ajang bergengsi ini,” ujar Duta Besar RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Jose Tavares, dikutip dari siaran pers KBRI Moskwa.

KazanSummit 2022 atau the 13th International Economic Summit “Russia–Islamic World: KazanSummit” merupakan ajang pertemuan ekonomi internasional tahunan yang berlangsung pada 19-21 Mei 2022 di Kazan, ibu kota Republik Tatarstan.

Baca juga: Indonesia Promosi Produk Halal ke Tatarstan melalui Russia Halal Expo 2022

Dalam rangkaian KazanSummit 2022, selain KFMS diselenggarakan pula Russia Halal Expo, the 6th OIC Young Diplomats Forum, dan Pleno Group Strategic Vision “Russia–Islamic World”.

KazanSummit tahun ini didedikasikan pula untuk peringatan ke-1.100 tahun diadopsinya agama Islam oleh masyarakat Volga Bulgaria dengan puncak acara di kota Bolgar yang dihadiri Presiden Tatarstan.

KMFS 2022 yang menjadi ajang pertunjukan koleksi perancang busana terkemuka Rusia dan asing, bertujuan untuk mendukung dan menumbuh kembangkan komunitas perancang busana modest sebagai bagian dari tren busana global yang berkembang pesat.

Ajang ini diselenggarakan tim internasional, yakni Tatarstan Investment Development Agency (TIDA), Markamarie (Franka Soeria, Indonesia), Modest Russia, dan Council of Modest Fashion (COMF).

Brand Indonesia Restu Pratiwi menarik minat dalam Kazan Modest Fashion Show 2022 di Rusia.KBRI MOSKWA Brand Indonesia Restu Pratiwi menarik minat dalam Kazan Modest Fashion Show 2022 di Rusia.
“Saya sangat bangga dapat berpartisipasi dalam KMFS di Rusia ini dan optimis berbagai koleksi busana Muslim dan modest fashion lainnya buatan Indonesia mampu bersaing dengan negara lain bahkan Indonesia dapat menjadi kiblat modest fashion dunia,” ujar Restu Pratiwi salah seorang desiner Indonesia.

Baca juga: Dewi Yukha Nida Asal Trenggalek Juara 1 Lomba MTQ Internasional di Rusia

Dalam KMFS 2022 ditampilkan karya busana anggun dan elegan koleksi putra-putri Indonesia yaitu RESTU PRATIWI, ANARAS, dan LI SCARF bersama Franka Soeria yang menjadi event organizer acara.

Koleksi lain yang tampil antara lain Asheri (Kazakhstan), dari Rusia terdapat koleksi dari Buro Banu, Inshelline, Al–Shiira, Kuzma, Bloombia, dan Sultan Saliev.

Elizaveta, salah satu hadirin pada KMFS menyatakan kekagumannya pada berbagai koleksi busana Muslim karya desainer Indonesia yang ditampilkan. “Sungguh rancangan yang elegan dan indah ketika dikenakan.”

Duta Besar RI di Moskwa Jose Tavares hadiri Kazan Modest Fashion Show 2022 di Rusia.KBRI MOSKWA Duta Besar RI di Moskwa Jose Tavares hadiri Kazan Modest Fashion Show 2022 di Rusia.
Industri modest fashion menjadi bagian tak terpisahkan dalam tren busana dunia dan memiliki potensi besar untuk berkembang di Indonesia mengingat mayoritas penduduknya Muslim.

Laporan State of Global Islamic Economy (SGIE) 2022 oleh DinarStandard menempatkan Indonesia pada peringkat ke-3 untuk Modest Fashion setelah Uni Emirat Arab dan Turki.

Dubes Jose Tavares yang hadir secara langsung melihat tampilan koleksi dalam Kazan Modest Fashion Show mengungkapkan kualitas dan desain yang ditampilkan desainer Indonesia sangat bagus, modis, dan tetap menjaga nilai-nilai kesopanan dan Islami.

Sambutan hangat dan antusiasme peserta dan penonton memberikan optimisme dan kesan positif yang mendorong karya anak bangsa bersaing di dunia internasional.

Baca juga: Lebaran 2022, Warga Indonesia Kembali Shalat Idul Fitri 1443 H di KBRI Moskwa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com