Nasib Tentara Rusia yang Dihukum Seumur Hidup: Di Antara Rencana Banding dan Ancaman Hukuman Balik Rusia

Kompas.com - 24/05/2022, 17:00 WIB

KYIV, KOMPAS.com - Seorang tentara Rusia yang ditangkap dan mengaku bersalah membunuh seorang warga sipil dijatuhi hukuman pengadilan Ukraina pada Senin (23/5/2022).

Dia dipenjara dengan hukuman penjara seumur hidup atau maksimum, di tengah tanda-tanda bahwa Kremlin dapat, pada gilirannya, dapat mengadili beberapa pejuang yang menyerah di pabrik baja Mariupol.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pun lantas menyerukan sanksi “maksimum” terhadap Rusia dalam pidato video kepada para pemimpin dan eksekutif dunia di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss.

Baca juga: Diplomat Veteran Rusia untuk PBB Mundur, Malu atas Serangan Negaranya ke Ukraina

Dia juga mengungkapkan salah satu serangan tunggal paling mematikan dalam perang, serangan rudal di sebuah desa dekat Kyiv yang menewaskan hampir 90 orang.

Dilansir AP, Vadim Shishimarin, 21 tahun, dijatuhi hukuman atas pembunuhan seorang pria berusia 62 tahun yang ditembak di kepala di sebuah desa di wilayah timur laut Sumy pada hari-hari awal perang.

Shishimarin, seorang anggota unit tank, mengklaim bahwa dia mengikuti perintah, dan dia meminta maaf kepada janda pria itu di pengadilan.

Pengacara pembelanya yang ditunjuk Ukraina, Victor Ovsyanikov, berpendapat kliennya tidak siap untuk "konfrontasi militer yang kejam" dan korban massal yang dihadapinya ketika mereka menyerbu.

Dia mengatakan akan mengajukan banding.

Baca juga: UN Watch Minta Semua Diplomat Rusia Mundur

Advokat kebebasan sipil Ukraina Volodymyr Yavorsky mengatakan itu adalah "hukuman yang sangat keras untuk satu pembunuhan selama perang."

Tetapi Aarif Abraham, seorang pengacara hak asasi manusia yang berbasis di Inggris, mengatakan persidangan dilakukan "dengan proses yang tampaknya penuh dan adil," termasuk akses ke seorang pengacara.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.