Anthony Albanese Dilantik Jadi PM Australia, Langsung Terbang ke Tokyo Hadiri Pertemuan Quad

Kompas.com - 23/05/2022, 10:01 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com – Anthony Albanese dilantik sebagai Perdana Menteri ke-31 Australia pada Senin (23/5/2022).

Pemimpin Partai Buruh Australia tersebut juga berjanji untuk mengatasi perubahan iklim, meningkatnya biaya hidup, dan ketidaksetaraan.

Pascameraup suara terbanyak pada pemilu Australia pada Sabtu (21/5/2022), Partai Buruh kembali berkuasa setelah sembilan tahun menjadi oposisi, sebagaimana dilansir Reuters.

Baca juga: Tsunami Politik Akhiri Pemerintahan PM Australia Scott Morrison

Meski suara masih dihitung dan susunan pemerintahan belum selesai, Albanese tetap dilantik agar langsung terbang untuk menghadiri pertemuan kunci kelompok keamanan bernama Quad di Tokyo, Jepang, pada Selasa (24/5/2022).

Albanese, yang akrab disapa Albo, dilantik oleh Gubernur Jenderal David Hurley dalam sebuah upacara di Ibu Kota Australia, Canberra.

“Ini adalah hari besar dalam hidup saya tetapi hari besar bagi negara, ketika kita mengubah pemerintahan,” kata Albanese kepada wartawan di luar rumahnya di pinggiran kota Sydney menjelang upacara.

“Saya ingin menyalurkan kesempatan yang kita miliki untuk membentuk perubahan sehingga kita membawa orang-orang bersama kita dalam perjalanan perubahan. Saya ingin menyatukan negara,” sambung Albanese.

Baca juga: Sebelum Menang Pemilu Australia, Anthony Albanese Sebut Indonesia Calon Negara Adidaya, Janji Kunjungi Jakarta

Ekonom di Commonwealth Bank of Australia mengatakan, perkiraan ekonomi tidak berubah meskipun ada perubahan kepemimpinan nasional.

Selain Albanese, tiga kabinet utama juga dilantik yakni Menteri Luar Negeri yang dijabat oleh Penny Wong, Bendahara Negara Jim Chalmers, dan Menteri Keuangan Katy Gallagher.

Selain itu, Wakil Pemimpin Partai Buruh Richard Marles juga dilantik sebagai Wakil Perdana Menteri Australia.

Baca juga: Anthony Albanese, Pemimpin Partai Buruh yang Menang jadi PM Australia

Reuters melaporkan, Wong akan ikut terbang dengan Albanese untuk menghadiri pertemuan Quad di Tokyo.

Albanese mengatakan, dia berbicara dengan Presiden AS Joe Biden pada Minggu (22/5/2022) malam waktu setempat.

Albanese akan bertemu dengan Biden bersama dengan Perdana Menteri Jepang dan Perdana Menteri India pada Selasa. Dia akan kembali ke Australia pada Rabu (25/5/2022).

Baca juga: Kalah Pemilihan, Ini Rekam Jejak Kontroversial PM Australia Scott Morrison

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.