Anak 14 Tahun Dinyatakan Bersalah atas Terorisme, Awalnya Minat Soal Militer Lalu Terpapar Ekstremisme

Kompas.com - 22/05/2022, 12:31 WIB

DARLINGTON, KOMPAS.com - Seorang anak laki-laki yang berbicara tentang melakukan serangan terorisme di sebuah panti asuhan telah dijatuhi hukuman di Inggris.

Bocah laki-laki dari Darlington itu, baru berusia 13 tahun ketika dia menyampaikan keinginannya untuk melakukan penembakan di sekolah.

Baca juga: China Dapat Ancaman Teror dari Separatis Pakistan Usai Bom Tewaskan 3 Warganya

Dia bahkan memiliki panduan yang merinci cara membuat bahan peledak dan senjata, menurut Pengadilan Pemuda Newton Aycliffe sebagaimana dilansir BBC pada Sabtu (21/5/2022).

Dia adalah salah satu teroris termuda yang dihukum di Inggris.

Anak laki-laki itu diperintahkan untuk menyelesaikan perintah konsultasi dengan "intensitas tinggi" selama 12 bulan setelah mengakui tiga tuduhan.

Tragedi Columbine

Anak laki-laki itu, yang kini berusia 14 tahun dan tidak dapat diidentifikasi secara hukum, mengaku memiliki tiga dokumen yang ditemukan di komputer kamar tidurnya.

Isinya merinci cara membuat berbagai bahan peledak yang "layak", kata jaksa menambahkan bahwa anak itu juga mengunduh instruksi tentang cara membuat pistol self-loading.

Baca juga: Risiko Bencana dan Teror Nuklir dalam Perang Ukraina Vs Rusia

Awalnya, Jaksa Jane Stansfield mengatakan polisi disiagakan setelah seorang pengguna Instagram, yang kemudian diidentifikasi sebagai bocah itu, mengirim pesan mengungkap rencana terornya.

Dia mengatakan "berencana meledakkan panti asuhan" dan sedang mencari senjata api seperti yang digunakan dalam penembakan Columbine yang menjadi perhatiannya.

Anak laki-laki itu juga disebut melakukan pencarian berulang kali tentang penembakan di sekolah AS 1999. Dia bahkan menggunakan gambar dua pembunuh Columbine sebagai gambar profilnya di aplikasi komunikasi.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.