Kompas.com - 17/05/2022, 19:31 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Rusia menjadi pemasok minyak terbesar keempat ke India pada April, dengan volume yang diyakini akan terus meningkat dalam beberapa bulan mendatang.

Harga minyak Rusia yang rendah disinyalir menjadi pemicu lonjakan permintaan dari konsumen dan importir minyak nomor tiga di dunia ini, menurut data pelacakan kapal tanker sebagaimana Reuters pada Selasa (17/5/2022).

Baca juga: Jepang Akui Tak Sanggup jika Langsung Embargo Minyak Rusia

Pangsa Rusia dalam pembelian minyak India naik 6 persen, mencapai rekor dengan sekitar 277.000 barel per hari (bph) pada April.

Pada bulan sebelumnya, India hanya memberli sekitar 66.000 barel per hari dari Rusia dan menempatkan negara yang sedang berperang itu berada di posisi ke-10 pemasok minyaknya, menurut data yang dipasok oleh sumber-sumber perdagangan.

Indian Oil Corp (IOC.NS), pengilangan utama negara itu, membeli kargo minyak Arco Rusia pertamanya bulan lalu.

Sanksi ke Rusia dari Barat atas invasi ke Ukraina telah membuka aliran arbitrase yang langka, mendorong penyulingan India untuk meningkatkan pembelian minyak Rusia, yang lebih murah yang dijauhi oleh banyak negara dan perusahaan Barat.

"Harga minyak mentah Ural Rusia turun tajam karena sanksi ke Rusia, sementara minyak mentah campuran CPC Kazakhstan berada di bawah tekanan karena dimuat dari pelabuhan Rusia," kata Ehsan Ul Haq, analis Refinitiv.

Baca juga: Uni Eropa Bahas Rencana Hapus Penggunaan Minyak Rusia Secara Bertahap sebagai Sanksi Baru

Orang India telah membeli minyak Rusia yang terlantar, sementara beberapa pembeli Eropa membeli minyak Afrika dan AS dalam volume yang lebih tinggi, katanya.

Pangsa minyak Afrika dalam keseluruhan impor minyak India turun menjadi sekitar 6 persen pada April dari 14,5 persen pada Maret, sementara AS turun hampir separuh menjadi 3 persen.

Grade dari Azerbaijan, Rusia dan Kazakhstan bersama-sama menyumbang sekitar 11 persen dari minyak impor India pada April, dibandingkan dengan sekitar 3 persen pada Maret.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.