Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hassan Sheik Mohamud Terpilih sebagai Presiden Somalia untuk Kedua Kalinya dengan Pemilu Damai

Kompas.com - 16/05/2022, 16:00 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber AFP

MOGADISHU, KOMPAS.com - Hassan Sheikh Mohamud terpilih sebagai Presiden Somalia untuk kedua kalinya, setelah pemilihan Minggu (16/5/2022) yang lama tertunda, di tengah masalah pemberontakan Islam dan ancaman kelaparan yang melanda negara Tanduk Afrika.

Setelah jajak pendapat maraton yang melibatkan 36 kandidat yang disiarkan langsung di TV pemerintah, pejabat parlemen menghitung 214 suara mendukung mantan presiden Mohamud.

Baca juga: Presiden Somalia Tangguhkan Kekuasaan Perdana Menteri, Ini yang Terjadi

Jumlah suara itu jauh lebih banyak daripada jumlah yang dibutuhkan untuk mengalahkan petahana Mohamed Abdullahi Mohamed, yang lebih dikenal sebagai Farmajo.

Tembakan perayaan meletus di ibu kota Mogadishu, dengan banyak orang berharap bahwa pemungutan suara akan menyudahi krisis politik yang telah berlangsung lebih dari setahun, setelah masa jabatan Farmajo berakhir pada Februari 2021 tanpa pemilihan.

Mohamud, yang sebelumnya menjadi presiden dari 2012-2017, dilantik tak lama setelah pemungutan suara dihitung. Dia memberikan nada damai saat ia berbicara kepada negara tersebut.

"Sungguh terpuji bahwa presiden di sini berdiri di sisi saya, kita harus bergerak maju dan tidak pernah mundur, kita harus menyembuhkan segala keluhan," katanya, merujuk pada Farmajo, yang memuji keberhasilan penyelesaian pemilu yang telah lama ditunggu-tunggu.

"Saya menyambut saudara saya di sini, presiden baru Hassan Sheik Mohamud dan berharap dia beruntung dengan tugas besar ini ... kami akan bersolidaritas dengannya," kata Farmajo sebagaimana dilansir AFP.

Baca juga: Senjata yang Dipasok Iran Diselundupkan dari Yaman ke Somalia

Mitra internasional Somalia berulang kali memperingatkan bahwa penundaan pemilihan - yang disebabkan oleh pertikaian politik - adalah gangguan berbahaya dari perang melawan pemberontak Al-Shabaab.

Kelompok itu telah berupaya menggulingkan pemerintah Somalia selama lebih dari satu dekade.

Ledakan terdengar Minggu (15/5/2022) di dekat kompleks bandara yang dijaga ketat di Mogadishu, tempat para anggota parlemen memberikan suara. Insiden itu seolah menjadi pengingat akan situasi keamanan negara yang berbahaya.

Polisi mengatakan tidak ada korban jiwa yang dilaporkan dalam ledakan tersebut.

Tahun yang hilang

Somalia belum mengadakan pemilihan “satu orang, satu suara” dalam 50 tahun.

Sebaliknya, jajak pendapat mengikuti model tidak langsung yang kompleks, di mana legislatif negara bagian dan delegasi klan memilih anggota parlemen untuk parlemen nasional, yang pada gilirannya memilih presiden.

Baca juga: Profil Mohamed Abdullahi Mohamed, Presiden Somalia

Samira Gaid, direktur eksekutif lembaga think-tank Hiraal Institute yang berbasis di Mogadishu, mengatakan kepada AFP menjelang pemilihan bahwa nama-nama yang dikenal akan menikmati keuntungan dalam pemilihan.

"Orang tidak akan mencari wajah baru, mereka pasti akan mencari wajah lama, orang yang mereka kenal, orang yang mereka rasa lebih nyaman," katanya.

Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com