Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto-foto Kecelakaan Penerbangan Muncul di Telepon Penumpang, Pesawat Putar Balik Batal Terbang

Kompas.com - 11/05/2022, 15:31 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Guardian

TEL AVIV, KOMPAS.com - Sebuah pesawat kembali ke gerbang di bandara Ben Gurion Tel Aviv setelah foto-foto kecelakaan penerbangan muncul di telepon penumpang, sesaat sebelum pesawat penumpang AnadoluJet bersiap lepas landas ke Istanbul.

Otoritas Bandara Israel (IAA) mengatakan pesan mengkhawatirkan itu dikirim, oleh sembilan orang di dalamnya menggunakan fungsi iPhone AirDrop.

Baca juga: Rusia Ungkap Minat Jajaki Kerja Sama dengan Indonesia, dari Energi Nuklir hingga Pesawat Sipil

"Sembilan (tersangka) ... diduga menyebarkan gambar bencana penerbangan di pesawat, menyebabkan kepanikan dan menunda keberangkatan pesawat beberapa jam," kata polisi dalam sebuah pernyataan dilansir dari Guardian pada Selasa (10/5/2022).

Menurut IAA, kesembilan tersangka, yang digambarkan oleh polisi sebagai warga negara Israel, dapat dituntut karena menyebarkan informasi palsu. Pelanggaran itu dapat dituntut dengan hukuman penjara maksimum tiga tahun di Israel.

"Sembilan tersangka sedang diinterogasi oleh polisi," kata mereka, seraya menambahkan bahwa pelanggaran tersebut dapat diartikan sebagai "ancaman teroris".

Penumpang yang khawatir dengan gambar-gambar itu memberi tahu awak pesawat, dan pilot melakukan respons yang tepat untuk kembali ke gerbang, kata juru bicara IAA, Ofer Lefler.

"Seorang wanita pingsan, yang lain mengalami serangan panik," seorang penumpang yang diidentifikasi hanya sebagai Diana mengatakan kepada Channel 12 Israel.

Baca juga: Tak Sabar Mendarat, Pria Chicago Nekat Buka Pintu Darurat Lalu Berjalan di Sayap Pesawat

IAA mengatakan mereka yang ditahan telah dikeluarkan dari penerbangan, yang baru dapat berangkat sekitar empat jam kemudian.

Insiden Selasa (10/5/2022) adalah ketakutan kedua dalam beberapa minggu di bandara Israel.

Sebelumnya pada 28 April, staf keamanan bandara menemukan granat yang belum meledak di bagasi keluarga Amerika. Mereka membawanya sebagai suvenir saat berlibur di Israel.

Penemuan itu menyebabkan kepanikan di aula keberangkatan, dan orang-orang terlihat berlindung dan berlari ke segala arah dalam video yang dibagikan di media sosial. Keluarga itu diizinkan naik pesawat sesuai rencana.

Baca juga: Pemuda Ukraina Ubah Puing Pesawat Militer Rusia Jadi Souvenir, Diekspor untuk Danai Perang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Guardian
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com