Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbang ke AS, Jokowi Berencana Bertemu Elon Musk Bahas Nikel

Kompas.com - 11/05/2022, 12:31 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana untuk bertemu dengan CEO Tesla Elon Musk dalam kunjungannya ke Amerika Serikat (AS), menurut keterangan menteri, Senin (9/5/2022).

Pertemuan ini menjadi upaya pemerintah dalam mengembangkan industri nikel Indonesia dengan menjadi penyedia baterai kendaraan listrik.

Perwakilan tim perakit kendaraan listrik Tesla Inc kini berada di Indonesia dan akan mengunjungi pabrik nikel di Morawali, Sulawesi, menurut keterangan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

Baca juga: Ada Kembaran Elon Musk di China, Namanya Elong Musk dan Naik Tesla Juga

"Tadi mereka sangat puas dengan data yang mereka dapat sampai hari ini," ujarnya dalam konferensi pers.

Dalam unggahan di akun Instagram-nya setelah bertemu dengan Elon Musk April lalu, Luhut berharap ke depan akan ada pembahasan terkait progres perkembangan industri nikel di Indonesia yang berteknologi tinggi yang bisa membawa negara kita masuk ke rantai pasok global industri kendaraan listrik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Luhut Binsar Pandjaitan (@luhut.pandjaitan)

Jokowi mengunjungi AS dalam rangka menghadiri pertemuan para pemimpin dunia Asia Tenggara di Washington.

Ketika ditanya di mana Jokowi dan Elon Musk akan bertemu, Luhut menjawab, "sekarang lagi kita atur ketemunya maunya di mana jadinya gitu".

Baca juga: Tesla Tarik 14.600 Unit Mobil Lagi di China karena Cacat Software

Tesla tidak merespon email Reuters soal rencana pertemuan ini.

Indonesia sedang berusaha mengembangkan persediaan domestik nikel, terutama dalam hal mengekstrasi bahan kimia baterai, pembuatan baterai, dan perakitan kendaraan listrik.

Indonesia sudah menandatangani kesepakatan senilai miliaran dollar AS dengan perusahaan Korea Selatan dan China untuk memanfaatkan sumber daya nikel dan sudah lama ingin bekerja sama dengan Tesla.

Tambang di Brasil bernama Vale pekan lalu menandatangani kesepakatan jangka panjang dengan Tesla untuk memasok baterai dari cabangnya di Kanada. Vale juga beroperasi di Indonesia.

Baca juga: Twitter Terbeli, Tesla Merugi: Kekhawatiran Investor Pasca-Twitter Didanai Elon Musk

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com