Kompas.com - 09/05/2022, 09:00 WIB

UZHHOROD, KOMPAS.com - Ibu Negara Amerika Serikat Jill Biden bertemu dengan rekanannya dari Ukraina Olena Zelenska dalam kunjungan kunjungan mendadak ke Ukraina barat dalam peringatan Hari Ibu pada Minggu (8/5/2022).

Pertemuan yang mengejutkan ini dimaksudkan untuk menunjukkan dukungan AS bagi negara yang dalam masa perang dengan Rusia saat ini menekankan serangannya di wilayah timur Ukraina.

Baca juga: Rangkuman Hari ke-74 Serangan Rusia ke Ukraina, Moskwa Bom Sekolah, Pejuang Bersumpah Terus Melawan

Jill Biden menjadi orang Amerika dengan profil tinggi terbaru yang memasuki Ukraina selama perang. Ini juga menjadi penampilan publik Zalenska, sejak serangan Rusia ke Ukraina pada 24 Februari.

“Saya ingin datang pada Hari Ibu,” kata ibu negara AS itu kepada Zelenska.

“Saya pikir penting untuk menunjukkan kepada rakyat Ukraina bahwa perang ini harus dihentikan dan perang ini brutal dan bahwa rakyat Amerika Serikat mendukung rakyat Ukraina.”

Jill Biden menghabiskan sekitar dua jam di Ukraina. Dia bepergian dengan kendaraan ke kota Uzhhorod, sekitar 10 menit berkendara dari desa perbatasan Slovakia tempat dia mengunjungi fasilitas pemrosesan imigrasi perbatasan.

Ibu Negara Jill Biden berbicara dengan Perdana Menteri Slovakia Eduard Heger saat dia berjalan dari Vysne Nemecke, Slovakia, menuju perbatasan dengan Ukraina, garis merah, selama kunjungan Minggu, 8 Mei 2022. AP PHOTO/SUSAN WALSH Ibu Negara Jill Biden berbicara dengan Perdana Menteri Slovakia Eduard Heger saat dia berjalan dari Vysne Nemecke, Slovakia, menuju perbatasan dengan Ukraina, garis merah, selama kunjungan Minggu, 8 Mei 2022.

“Kami memahami risiko yang dihadapi ibu negara AS untuk datang ke sini selama perang, ketika aksi militer terjadi setiap hari, di mana sirene udara terjadi setiap hari -- bahkan hari ini,” ujar Zelenska berterima kasih kepada Biden atas “tindakan beraninya”.

Kedua ibu negara bertemu di sebuah sekolah yang digunakan untuk sementara menampung para migran Ukraina.

Zalenska tiba lebih dulu dan menunggu di SUV hitamnya, sampai Biden tiba dengan cara yang sama. Keduanya kemudian keluar dari kendaraan mereka dan berpelukan.

Baca juga: Pasukan Ukraina Mundur dari Popasna, Chechnya Klaim Ambil Alih

Jill Biden - yang mengenakan korsase pergelangan tangan untuk Hari Ibu - menyerahkan karangan bunga sebelum mereka memasuki sekolah.

Halaman:
Sumber AP
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.