Kompas.com - 03/05/2022, 12:15 WIB

 YERUSALEM, KOMPAS.com - Tahun ini, di Jalur Gaza yang terkepung, orang-orang merayakan Idul Fitri dalam suasana tenang dan nyaman.

Mereka menghela nafas lega karena tak ada serangan baru Israel yang pecah, mengingat sebelumnya terjadi serangan berulang kali oleh pasukan Israel ke Masjid Al-Aqsa selama bulan suci Ramadhan.

Dilansir Al Jazeera, ketegangan yang meningkat selama berminggu-minggu dan baku tembak sporadis antara Gaza dan Israel telah menimbulkan kekhawatiran atas serangan baru Israel yang serupa dengan yang terjadi pada Mei tahun lalu.

Baca juga: Untuk Kali Pertama Sejak Pandemi, Raja Salman Shalat Idul Fitri Langsung di Masjidil Haram...

Saat itu, setelah berminggu-minggu protes dan penggerebekan di Al-Aqsa selama Ramadhan, kekerasan 11 hari di Jalur yang terkepung.

Perang selama liburan Idul Fitri menyebabkan kematian setidaknya 260 orang Palestina, serta 13 orang Israel, dan menyebabkan kehancuran yang signifikan di wilayah yang sudah miskin.

Amani al-Kahlout, 29 tahun, wanita muda yang bersemangat memasak dan mendekorasi rumah, mengatakan kepada Al Jazeera bagaimana dia dengan hati-hati mempersiapkan di rumah untuk Idul Fitri dan sisa liburan.

“Saya sangat menyukai suasana Idul Fitri di Gaza. Saya suka menyiapkan makanan dan keramahtamahan khusus untuk pengunjung Idul Fitri,” kata al-Kahlout.

Baca juga: Mesir Bebaskan Tiga Jurnalis dan Sejumlah Aktivis Jelang Idul Fitri

“Idul Fitri adalah kesempatan untuk menghibur dan menciptakan kegembiraan dan kebahagiaan jauh dari tekanan di sekitar kita di Gaza,” katanya.

Sebagai seorang selebgram dengan lebih dari 200.000 pengikut, dia mengatakan bagaimana dia suka menunjukkan bahwa Jalur Gaza tidak melulu tentang bom, kehancuran dan darah.

“Di Gaza, ada orang-orang yang memiliki ambisi, impian dan cinta untuk menikmati hidup mereka sepenuhnya, sama seperti orang lain di negara tetangga,” katanya.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Al Jazeera
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.