Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-67 Serangan Rusia ke Ukraina, Evakuasi Warga Sipil di Mariupol, Jerman Pastikan Terus Kirim Senjata

Kompas.com - 02/05/2022, 06:47 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com - Sekitar 100 warga sipil telah dievakuasi dari pabrik baja Azovstal di Mariupol sejauh ini, menurut Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy. Perkembangan itu dilaporkan tak lama setelah PBB dan Palang Merah mengungkapkan rincian operasi tersebut.

Meski begitu Rusia kembali menembaki pabrik itu Minggu (1/5/2022) malam, kata Associated Press mengutip seorang komandan Ukraina.

Sementara itu di Kyiv, Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi dan anggota parlemen Demokrat bertemu dengan Zelenskiy dalam kunjungan yang sebelumnya tidak diumumkan.

“Perang akan berakhir ketika kita menang,” kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Yunani Kathimerini. Zelenskiy memperkirakan biaya perang untuk infrastruktur Ukraina mencapai 60 miliar dollar AS.

Berikut rangkuman hari ke-67 serangan Rusia ke Ukraina, yang berhasil terkumpul sejauh ini.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-66 Serangan Rusia ke Ukraina, Angelina Jolie Kunjungi Lviv, Pesawat Rusia Langgar Wilayah Udara Swedia

Serangan di Mariupol dan Odesa

Rusia kembali menembaki pabrik baja Azovstal di Mariupol pada hari Minggu setelah evakuasi lebih dari 100 warga sipil, kata seorang komandan Ukraina di televisi, menurut AP.

Sekitar 1.000 warga sipil dan mungkin 2.000 tentara Ukraina telah terperangkap di pabrik Azovstal, yang telah dibombardir berat oleh Rusia.

Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan evakuasi dari Mariupol akan berlanjut Senin (2/5/2022), jika "semua persyaratan yang diperlukan terpenuhi," menurut laporan Guardian.

Kementerian pertahanan Rusia mengonfirmasi serangan terhadap sebuah lapangan terbang dekat Odesa pada Sabtu (30/4/2022), yang diklaim berisi senjata yang dipasok oleh AS dan Uni Eropa.

Satu orang terluka dalam kebakaran di fasilitas pertahanan Rusia di wilayah Belgorod, yang berbatasan dengan Ukraina.

Zelenskiy mengatakan pasukan Ukraina telah menghancurkan sekitar 1.000 tank Rusia, 2.500 kendaraan lapis baja, dan hampir 200 pesawat.

Baca juga: Sepekan Dikepung Rusia, Sekelompok Warga Sipil Berhasil Kabur dari Pabrik Baja Azovstal di Mariupol

Hampir 1 Juta Menyeberang Kembali ke Ukraina dari Polandia

Hampir sepuluh minggu setelah invasi Rusia, arus pengungsi ke perbatasan antara Ukraina dan Polandia masih terus mengalir dari kedua arah.

Pada Sabtu (30/4/2022), 23.500 orang menyeberang ke Polandia sementara 26.800 kembali ke Ukraina, menurut otoritas perbatasan Polandia.

Hingga akhir April, sekitar 3,076 juta orang telah menyeberang ke Polandia sejak 24 Februari -- dan 975.000 telah melakukan perjalanan sebaliknya.

Secara keseluruhan, PBB memperkirakan hampir 5,5 juta orang telah meninggalkan Ukraina, dengan Polandia, Rumania, dan Rusia sebagai tujuan utama. Jutaan lainnya telah mengungsi di dalam negeri.

Baca juga: Pembuatan Bunker Nuklir Melonjak saat Perang Rusia-Ukraina Picu Ketakutan di Seluruh Eropa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com