Kompas.com - 30/04/2022, 21:45 WIB

ANKARA, KOMPAS.com – Turki dan Arab Saudi memiliki keinginan yang sama untuk mengaktifkan kembali potensi ekonomi yang besar antara kedua negara.

Hal tersebut diucapkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Sabtu (30/4/2022) sekembalinya dari kunjungannya di Arab Saudi.

Berbicara kepada wartawan dalam penerbangan kembali dari Arab Saudi, Erdogan mengatakan kedua pihak bertekad untuk mempercepat upaya untuk kepentingan bersama dan stabilitas kawasan.

Baca juga: Erdogan Kunjungi Arab Saudi, Perbaiki Hubungan Setelah Kasus Pembunuhan Khashoggi

“Kami setuju dengan Arab Saudi untuk mengaktifkan kembali potensi ekonomi yang besar melalui organisasi yang akan menyatukan investor kami,” kata Erdogan, sebagaimana dilansir Reuters.

Dalam kunjungan dua harinya, Erdogan bertemu dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Dalam pertemuan tersebut, mereka membahas berbagai masalah internasional, regional, dan bilateral.

“Kami mengumumkan bahwa kami, sebagai Turki, akan mendukung mereka dalam upaya mereka untuk menjadi tuan rumah EXPO 2030 di Riyadh,” tutur Erdogan.

Baca juga: Berbicara via Telepon, Zelensky dan Erdogan Bahas Evakuasi Mariupol

Kunjungan Erdogan menandai puncak dari upaya pemulihan hubungan kedua negara, termasuk membatalkan persidangan atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di Istanbul pada 2018.

Kantor Erdogan mengatakan Raja Arab Saudi-lah yang mengundangnya.

Sejumlah analis dan pejabat mengatakan, pendanaan dari Arab Saudi dapat membantu Turki meringankan kesengsaraan ekonominya, termasuk melonjaknya inflasi, menjelang pemilihan presiden tahun depan.

Baca juga: Erdogan Sangat Tidak Senang Ada Warga Palestina yang Terluka atau Terbunuh

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.