Kompas.com - 30/04/2022, 15:01 WIB

SANTA FE, KOMPAS.com - Ribuan petugas pemadam kebakaran berjuang melawan kebakaran hutan yang merusak di Barat Daya Amerika Serikat (AS).

Lebih banyak penduduk bersiap untuk mengungsi pada Jumat (29/4/2022) hingga akhir pekan di utara New Mexico, di mana angin kencang dan kondisi kering yang berbahaya telah membuat kobaran api sulit dipadamkan.

Baca juga: Kebakaran Hutan Terbesar AS Terjadi di New Mexico, Api Dekati Las Vegas

Kebakaran terbesar di AS tumbuh menjadi lebih dari 117 mil persegi (303 kilometer persegi) pada sore hari Jumat (29/4/2022) di timur laut Santa Fe.

Angin kencang mencegah serangan udara pada tengah hari, dan kru kehilangan beberapa zona pengendali api yang telah mereka buat pada hari-hari sebelumnya.

Laju penyebaran api yang cepat melebihi prediksi mengerikan di beberapa daerah, kata komandan insiden Carl Schwope Jumat (29/4/2022) malam dilansir dari ABC News.

"Kami berada dalam situasi yang sangat berbahaya. Status evakuasi berubah saat kami berbicara," dia memperingatkan pada briefing di Las Vegas, New Mexico, sekitar 50 mil (80 kilometer) timur Santa Fe.

Lebih banyak pasukan udara dan darat sedang dalam perjalanan, katanya, untuk membentengi hampir 1.000 petugas pemadam kebakaran di jalur kebakaran di sana. Sementara angin yang berhembus hingga 65 mph, mulai mereda saat malam tiba.

Tidak ada laporan segera tentang bangunan baru yang terdampak sejak kepala polisi setempat mengonfirmasi pada Kamis (28/4/2022) malam, bahwa setidaknya 166 rumah telah hancur di pedesaan San Miguel County di timur laut New Mexico.

Namun perubahan angin yang tidak menentu di beberapa kondisi terkering, yang telah terjadi di wilayah itu selama bertahun-tahun, diperkirakan akan terjadi lagi pada Sabtu (30/3/2022).

Baca juga: Kebakaran Besar Terjadi di Depot Minyak Bryansk Rusia, Dekat Ukraina

Pihak berwenang pun sedang membuat persiapan untuk mengevakuasi beberapa penduduk di utara sejauh Taos.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber ABC News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.