Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Kota Ini, Perempuan dan Laki-laki Boleh Telanjang Dada di Kolam Renang

Kompas.com - 29/04/2022, 21:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

GOETTINGEN, KOMPAS.com - Sebuah kota di Jerman akan mengizinkan perempuan dan laki-laki mandi bertelanjang dada di area kolam renang.

Ini adalah yang pertama terjadi di Jerman, memungkinkan perenang perempuan mandi bertelanjang dada di area kolam renang usai perselisihan identitas gender.

Komite olahraga Goettingen di Jerman tengah merekomendasikan kepada kolam renang indoor dan outdoor kota itu bahwa semua perenang diizinkan mandi secara "oben-ohne" (tanpa atasan) pada akhir pekan mulai 1 Mei, kata juru bicara pemerintah setempat dikutip dari AFP.

Baca juga: Stres Kerja, Pria Ini Telanjang di Lobi Hotel dan Bersujud di Depan Istri

Keputusan itu diambil setelah terjadi perselisihan antara laki-laki yang boleh mandi bertelanjang dada, tetapi perempuan tidak.

Setelah banyak perdebatan, pihak berwenang setempat kemudian memutuskan cara paling adil adalah mengizinkan semua perenang bisa mandi tanpa atasan.

Di Jerman ada gerakan nudis populer FKK (Frei-Koerper-Kultur) atau budaya tubuh bebas. Sebagian besar sauna di Jerman dicampur antara laki-laki dan perempuan, serta mengharuskan pelanggan menanggalkan pakaian demi alasan kebersihan.

Kebijakan dari Goettingen yang awalnya akan berlangsung hingga Agustus adalah yang pertama untuk pemandian umum, yang secara tradisional hanya mengizinkan pria untuk mandi tanpa atasan.

Beberapa penduduk setempat mengatakan langkah itu tidak cukup jauh, dengan mengeluh bahwa kesetaraan bukan hanya untuk akhir pekan.

Menurut pihak berwenang setempat, aturan akhir pekan diperlukan untuk mencegah pelajaran renang sekolah terpengaruh.

Seorang pemilik kolam renang juga mengatakan kepada surat kabar Tageszeitung, kompromi harus ditemukan untuk mengakomodasi pelanggan dari budaya lain.

Baca juga: Sebar Video Majikan Telanjang di TikTok, TKI di Singapura Dibui 17 Bulan

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com