Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Orang Ukraina yang Melarikan Diri Sudah Lebih dari Penduduk Yogyakarta

Kompas.com - 19/04/2022, 13:00 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP,BPS

KYIV, KOMPAS.com – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Senin (18/4/2022), mengungkap bahwa lebih dari 4,9 juta warga Ukraina telah meninggalkan negara mereka setelah invasi Rusia.

Komisioner PBB untuk Pengungsi (UNHCR) mengatakan, 4.934.415 orang Ukraina telah meninggalkan negara itu sejak Rusia menginvasi pada 24 Februari.

Angka itu naik 65.396 dari total orang Ukraina yang telah pergi ke negara lain pada hari sebelumnya atau Minggu (17/4/2022).

Baca juga: Perang di Ukraina Memasuki Fase Kedua, Rusia Berusaha Kuasai Donbass

Jika dibandingkan sebagai gambaran, jumlah orang Ukraina yang telah melarikan diri dari perang tersebut sudah lebih banyak daripada penduduk Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dalam laman resminya, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DIY menulis jumlah penduduk DIY pada 2022 mencapai 4. 021. 816 jiwa berdasarkan hasil proyeksi penduduk Survei Penduduk Antar Sensus 2015 (SUPAS2015).

Ke mana saja warga Ukraina pergi?

Organisasi Internasional untuk Migrasi PBB (IOM) mengatakan hampir 215.000 warga negara ketiga -sebagian besar pelajar dan pekerja migran- juga telah melarikan diri ke negara-negara tetangga, yang berarti lebih dari 5 juta orang semuanya telah meninggalkan Ukraina sejak perang dimulai.

Ini adalah salah satu perpindahan yang tumbuh paling cepat dan krisis kemanusiaan yang pernah ada.

Wanita dan anak-anak menyumbang 90 persen dari mereka yang melarikan diri dari Ukraina, dengan pria berusia 18 hingga 60 tahun memenuhi syarat untuk panggilan militer dan tidak dapat pergi.

Baca juga: Rusia: Fase Pertama Operasi Militer di Ukraina Tuntas, Giliran Fokus Bebaskan Donbass

Hampir dua pertiga dari semua anak Ukraina telah dipaksa meninggalkan rumah mereka, termasuk mereka yang masih berada di dalam negeri.

"Pengungsi dari Ukraina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menghadapi peningkatan risiko eksploitasi seksual, pelecehan dan perdagangan manusia," kata UNHCR, dilansir dari AFP.

"Kami berada di titik perbatasan dan sekitarnya, mengambil tindakan pencegahan," ungkap UNHCR.

Lebih dari 2,75 juta pengungsi Ukraina tercatat telah melarikan diri ke Polandia. Sedangkan, hampir 740.000 pengungsi Ukraina sudah mencapai Rumania.

Angka UNHCR menunjukkan hampir 645.000 warga Ukraina melarikan diri pada Februari, dengan hampir 3,4 juta melakukannya pada Maret dan hampir 900.000 meninggalkan sejauh April ini.

Di luar pengungsi, IOM memperkirakan 7,1 juta orang telah meninggalkan rumah mereka tetapi masih berada di Ukraina .

Baca juga: Presiden Perancis Sindir PM Polandia Sebagai Anti-Semit dan Sayap Kanan

"Di musim pembaruan ini, pikiran kami bersama semua orang yang terpaksa meninggalkan rumah mereka dan harus membangun kembali kehidupan yang mereka tinggalkan," kata UNHCR.

Halaman:
Sumber AFP,BPS
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com