Kompas.com - 19/04/2022, 12:00 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - India membantah laporan Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang menyebutkan, empat juta pasien Covid-19 meninggal di negara tersebut.

The New York Times pekan lalu melaporkan, New Delhi menghentikan rilis penelitian tersebut setelah memperdebatkan jumlah kematian sebenarnya di India yang secara resmi dicatat 520.000, tetapi dilaporkan WHO delapan kali lipat lebih tinggi.

Adapun jurnal Lancet bulan lalu dan studi Februari di jurnal Science menghitung jumlah kematian akibat Covid India setidaknya 3,2 juta.

Baca juga: Di India Sempat Muncul Juga Wanita Jadi Imam Shalat Jumat

Namun, Kementerian Kesehatan India pada akhir pekan mengatakan, pemodelan matematika WHO tentang pandemi itu dipertanyakan dan tidak terbukti secara statistik.

Beberapa kekhawatiran diajukan ke WHO atas laporan tersebut, termasuk apa yang dikatakan Kemenkes India sebagai asumsi aneh tentang hubungan suhu yang lebih rendah dan kematian bulanan.

India juga menyuarakan keberatannya melalui beberapa komunikasi dan pertemuan formal sejak November lalu, menurut Kemenkes negara itu.

"Tanggapan yang memuaskan belum diterima dari WHO," tambahnya dikutip dari AFP.

Sementara itu, AFP belum dapat menghubungi WHO untuk meminta komentar.

Para pejabat India sebelumnya memperdebatkan metodologi di balik studi Lancet and Science yang juga menemukan angka kematian jauh lebih tinggi.

India dilanda tsunami Covid tahun lalu yang menyebabkan ribuan orang meninggal setiap hari pada puncaknya. Pasien membanjiri rumah sakit dan jenazah memenuhi krematorium.

Baca juga: Menengok Cara India Redakan Tsunami Covid-19, Bisakah Indonesia Tiru?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.