Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

410 Mayat Bergelimpangan di Kota-kota Dekat Kyiv Ukraina, Para Saksi Trauma dan Bungkam

Kompas.com - 04/04/2022, 14:02 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Reuters

KYIV, KOMPAS.com - Sebanyak 410 mayat ditemukan bergelimpangan di kota-kota dekat Kyiv, ibu kota Ukraina, saat penyelidikan kemungkinan kejahatan perang oleh Rusia dilakukan.

Akan tetapi, beberapa saksi sangat trauma sehingga enggan berbicara, kata jaksa tinggi negara itu pada Minggu (3/4/2022) dikutip dari Reuters.

Setelah Rusia menarik diri dari beberapa daerah di sekitar Kyiv, Wali Kota Bucha sebuah kota yang terletak 37 km barat laut Kyiv mengatakan, 300 penduduk dibunuh oleh pasukan Rusia dan prajurit Chechnya menguasai daerah itu.

Baca juga: Mayat Warga Sipil Bergelimpangan di Bucha Ukraina, Membabi Buta Digempur Rusia

Rusia membantah tuduhan bahwa pasukannya membunuh warga sipil di Bucha. Moskwa berujar, tidak ada penduduk yang menderita akibat kekerasan dari pasukan Rusia dan menuduh Kyiv melakukan provokasi yang dibuat oleh media Barat.

Jaksa Ukraina hanya dapat memasuki kota Bucha, Irpin, dan Hostomel untuk kali pertama pada Minggu (3/4/2022), dan mereka membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengetahui tingkat kejahatan, kata Jaksa Agung Iryna Venedyktova.

"Kami perlu bekerja dengan para saksi," ucap Venedyktova.

"Orang-orang saat ini sangat tertekan sehingga mereka secara fisik tidak dapat berbicara."

Dia mengatakan, 140 mayat telah diperiksa sejauh ini tetapi dia akan meminta Kementerian Kesehatan untuk menyediakan sebanyak mungkin ahli forensik ke rumah sakit lapangan di wilayah Kyiv.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, "Ratusan orang tewas. Warga sipil disiksa, dieksekusi. Mayat di jalan-jalan. Daerah-daerah beranjau. Bahkan mayat orang mati diangkat."

Baca juga: Ukraina Sebut Pembunuhan Warga Sipil di Bucha Sebagai Pembantaian yang Disengaja

Zelensky melanjutkan, jelas bahwa Barat akan memberlakukan serangkaian sanksi baru terhadap Rusia, tetapi dia mengatakan itu tidak cukup.

Menteri Dalam Negeri Ukraina Denys Monastyrskiy menyebutkan bahwa ratusan warga sipil sudah jelas tewas, tetapi dia tidak ingin mengatakan secara pasti berapa banyak, karena upaya masih dilakukan untuk membersihkan ranjau di daerah itu.

"Warga setempat banyak yang dianggap hilang. Kami tidak bisa memberikan angka pasti, tapi ada banyak orang," katanya.

Baca juga: Negara-negara Baltik Hentikan Impor Gas Rusia, Desak Uni Eropa Lakukan Hal yang Sama

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com