Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xi Jinping Hubungi Kim Jong Un, Singgung Kerja Sama di Bawah "Situasi Baru”

Kompas.com - 26/02/2022, 15:00 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Reuters

SEOUL, KOMPAS.com - Presiden China Xi Jinping menekankan kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pentingnya kerja sama China-Korea Utara, menurut media pemerintah Korea Utara KCNA melaporkan pada Sabtu (26/2/2022).

Dalam sebuah pesan kepada Kim, Xi mengatakan China siap bekerja, bersama dengan pihak Korea Utara, untuk terus mengembangkan hubungan persahabatan dan kerja sama China-DPRK ... "di bawah situasi baru", kata KCNA dilansir Reuters.

Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK) adalah nama resmi Korea Utara.

Baca juga: Tampak Netral, China Bersikap Menghormati Kedaulatan Ukraina dan Masalah Keamanan Rusia

KCNA tidak merinci lebih lanjut tentang sifat "situasi baru."

Menurut KCNA, Xi membuat pernyataan itu sebagai tanggapan atas pesan ucapan selamat dari Kim Jong Un untuk kesuksesan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, yang disampaikan segera setelah penutupan pertandingan.

Dalam pesan verbal kepada Xi Jinping awal pekan ini, Kim Jong Un berjanji untuk memperkuat kerja sama dengan China dan bersama-sama "menggagalkan" ancaman dan kebijakan permusuhan dari Amerika Serikat dan sekutunya.

Korea Utara tidak berpartisipasi dalam Olimpiade, yang berakhir pada Minggu (20/2/2022). Dalam surat sebelumnya dari otoritas olahraga pada Januari, Korea Utara menyalahkan ketidakhadirannya kepada "kekuatan musuh" dan risiko Covid-19.

Baca juga: Rusia Memveto Resolusi PBB Terkait Penghentian Invasi ke Ukraina, China Abstain

Atlet Korea Utara tidak memenuhi syarat untuk bersaing di bawah bendera nasional mereka setelah negara itu gagal mengirim tim ke Olimpiade Musim Panas Tokyo tahun lalu, dengan alasan kekhawatiran Covid-19.

China telah menjadi satu-satunya sekutu utama Korea Utara sejak keduanya menandatangani perjanjian pada 1961.

Baca juga: Menlu Rusia dan China Bertemu Bahas Situasi Ukraina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com