Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Ukraina Keluarkan Peringatan Bahwa Rusia Akan Merebut Kiev

Kompas.com - 26/02/2022, 08:56 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

KIEV, KOMPAS.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Sabtu (26/2/2022), memperingatkan bahwa pasukan Rusia akan berusaha merebut ibu kota Ukraina, Kiev sebelum fajar.

Presiden Rusia Vladimir Putin diketahui telah melancarkan invasi skala penuh sejak Kamis (24/2/2022), dan telah menewaskan puluhan orang, memaksa lebih dari 50.000 orang meninggalkan Ukraina hanya dalam 48 jam, serta memicu kekhawatiran akan Perang Dingin baru di Eropa.

Setelah pasukan Ukraina melawan pasukan Rusia yang bergerak maju di ibu kota pada Jumat (25/2/2022), tidak lama setelah tengah malam Zelensky memperingatkan bangsanya untuk tetap waspada.

Baca juga: Presiden Zelensky Merasa Ukraina Dibiarkan Sendiri untuk Melawan Rusia

"Malam ini akan lebih sulit daripada siang hari. Banyak kota di negara bagian kita diserang," kata Zelensky dalam sebuah pidato video, dikutip dari Kantor Berita AFP, Sabtu.

"Perhatian khusus pada Kiev, kita tidak bisa kehilangan ibu kota," tambahnya.

"Saya beralih ke pembela kami, pria dan wanita, di semua lini, malam ini musuh akan menggunakan semua kekuatan yang dimilikinya untuk menghancurkan pertahanan kita dengan cara yang berbahaya, kasar, dan tidak manusiawi," kata Zelensky.

"Malam ini mereka akan mencoba menyerbu,” tambahnya dalam referensi yang jelas ke Kiev.

Zelensky, yang sebelumnya menyerukan tanggapan yang lebih kuat dari Barat, mengatakan bahwa dirinya telah berbicara dengan para pemimpin dunia, termasuk Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Olaf Scholz, dan Presiden AS Joe Biden.

"Kami telah menyepakati lebih banyak bantuan, lebih banyak dukungan, dukungan signifikan untuk negara kami," kata Zelensky.

Baca juga: Tanggapi Putin Soal Pelengseran, Presiden Ukraina Tegaskan Akan Bertahan!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com