Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin Kerahkan Tentara Rusia ke Donetsk dan Luhansk, Perang Kian Dekat?

Kompas.com - 22/02/2022, 10:15 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber Reuters

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan pengerahan pasukan ke dua wilayah yang memisahkan diri di Ukraina timur, yakni Donetsk dan Luhansk setelah mengakui mereka merdeka pada Senin (21/2/2022).

Keputusan ini dianggap bisa mempercepat krisis yang dikhawatirkan Barat dapat memicu perang besar.

Seorang saksi mata Reuters melihat tank dan perangkat militer lainnya bergerak melalui kota Donetsk yang dikuasai separatis setelah Putin mengeluarkan dekrit yang isinya mengakui kemerdekaan wilayah pecahan Ukraina itu dan mengatakan kepada kementerian pertahanan Rusia untuk mengirim pasukan untuk "menjaga perdamaian".

Baca juga: Putin Akui Kemerdekaan Donetsk dan Luhansk, Separatis Pro-Rusia di Ukraina

Langkah itu mengundang kecaman AS dan Eropa dan janji sanksi baru meskipun tidak jelas apakah itu langkah besar pertama Putin menuju serangan skala penuh di Ukraina yang telah diperingatkan oleh pemerintah Barat selama berminggu-minggu.

Seorang pejabat senior AS mengatakan pengerahan pasukan ke kantong-kantong yang memisahkan diri yang sudah dikendalikan oleh separatis yang setia kepada Moskwa belum merupakan "invasi lebih lanjut" yang akan memicu sanksi paling keras, tetapi kampanye militer yang lebih luas bisa datang kapan saja.

Belum ada kabar tentang ukuran kekuatan yang dikirim Putin ke Donetsk dan Luhansk, tetapi dekrit itu mengatakan Rusia sekarang memiliki hak untuk membangun pangkalan militer di wilayah yang memisahkan diri dari Ukraina tersebut.

Dalam pidato panjang di televisi yang dipenuhi dengan keluhan terhadap Barat, Putin yang tampak marah menggambarkan Ukraina sebagai bagian integral dari sejarah Rusia dan mengatakan Ukraina timur adalah tanah Rusia kuno.

Baca juga: AS Jatuhkan Sanksi Pertama ke Donetsk dan Luhansk di Ukraina Usai Diakui Rusia


Televisi pemerintah Rusia menunjukkan Putin, bergabung dengan para pemimpin separatis yang didukung Rusia, menandatangani dekrit yang mengakui kemerdekaan dua wilayah Ukraina yang memisahkan diri -Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Lugansk- bersama dengan perjanjian kerja sama dan persahabatan.

Menurut Kremlin, menentang peringatan Barat terhadap langkah seperti itu, Putin telah mengumumkan keputusannya dalam panggilan telepon kepada para pemimpin Jerman dan Perancis sebelumnya.

Tindakan Moskwa mungkin akan menggagalkan upaya menit-menit terakhir untuk pertemuan puncak dengan Presiden AS Joe Biden guna mencegah Rusia menginvasi Ukraina, yang menurut pejabat senior AS sekarang diragukan.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, yang menerima seruan solidaritas dari Biden, menuduh Rusia merusak pembicaraan damai dan mengesampingkan konsesi teritorial dalam pidatonya di negara itu Selasa pagi.

Biden, yang juga berbicara dengan Presiden Perancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Olaf Scholz, dengan cepat menandatangani perintah eksekutif untuk menghentikan semua aktivitas bisnis AS di wilayah yang memisahkan diri dan melarang impor semua barang dari wilayah tersebut.

Baca juga: Donetsk dan Luhansk Diakui Merdeka oleh Rusia, Ini Reaksi Keras Pemimpin Dunia

Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki mengatakan tindakan itu terpisah dari sanksi yang telah disiapkan AS dan sekutunya jika Rusia menginvasi Ukraina.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan perintah eksekutif itu "dirancang untuk mencegah Rusia mengambil keuntungan dari pelanggaran terang-terangan terhadap hukum internasional ini".

Sementara itu, Juru bicara Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan Jerman, Perancis dan AS telah setuju untuk menanggapi dengan sanksi, sementara Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss mengatakan Inggris akan mengumumkan sanksi baru pada Selasa (22/2/2022) ini.

Halaman:
Sumber Reuters

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com