Kompas.com - 20/02/2022, 11:27 WIB

HEATHROW, KOMPAS.com - Kapten Pilot membagikan video aktual dalam kokpit, setelah Big Jet TV membuat pendaratannya melawan Badai Eunice viral dengan 7 juta penonton.

Melalui Instagramnya, Kapten Pilot Khalifa Al Thani mengunggah cuplikan kokpit dari pendaratan Boeing 777 Qatar Airways selama Storm Eunice pada Jumat (18/2/2022) di Bandara Heathrow kemarin, dikombinasikan dengan komentar animasi Big Jet TV.

Baca juga: Youtuber Berhasil Tarik 216.000 Penonton karena Video Live Pendaratan Pesawat di Tengah Badai Eunice

Saat itu, lebih dari 200.000 orang menonton siaran langsung dari saluran YouTube yang dipandu oleh Jerry Dywer, yang berdiri di vannya di ujung Runway 27 Bandara Heathrow saat pesawat menghadapi kondisi yang mengerikan.

Kapten Qatar Airways Khalifa Al Thani telah memasang kamera di kokpitnya sebelum kedatangannya di Heathrow, yang merekamnya saat dia menjaga pesawatnya tetap segaris dengan landasan pacu.

Mantan Juara Dunia Formula Satu Damon Hill melihat rekaman penanganan pesawat Kapten Al Thani dan berkata: “Ini patut dihormati”.

Lusinan pesawat harus meninggalkan upaya pendaratan ke Heathrow pada hari itu karena angin melebihi tingkat aman. Ini pula yang membuat rekaman Jet TV benar-benar menarik.

Siaran maraton delapan jam menunjukkan satu jet melayang di atas landasan, mendorong Dyer berkomentar: “Ooh hati-hati... kau harus segera turun, sobat... ah ha ha, bagus sekali.”

Baca juga: Gambar-gambar Tunjukkan Parahnya Dampak Terjangan Badai Eunice di Seluruh Eropa

Dari dalam kokpit, rekaman menunjukkan Kapten Al Thani dengan satu tangan di kuk kontrol. Tangannya yang lain dengan kuat memegang ‘throttle’ jet besar itu.

Kapten Al Thani terpaksa melakukan penyesuaian terus-menerus saat dia melakukan pendekatan dengan menggerakkan kuk dengan cepat untuk melawan angin yang bertiup kencang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Khalifa Al-Thani (@althani350)

Saat jet mendekat, co-pilot Kapten Al Thani memantau instrumen sementara dia mengalihkan pandangannya keluar kokpit menuju landasan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.