Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Austria Akan Cabut Lockdown bagi Warga yang Belum Divaksin Covid-19

Kompas.com - 28/01/2022, 22:08 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

WINA, KOMPAS.com - Austria pada Rabu (26/1/2022) mengumumkan, akan mengakhiri lockdown bagi warga yang belum divaksinasi Covid-19.

Pengumuman itu dikeluarkan saat Austria bersiap menjadi negara Uni Eropa pertama yang mewajibkan vaksin Covid-19 mulai minggu depan.

Pemerintah Austria pada November 2021 memerintahkan orang-orang yang belum divaksinasi atau baru pulih dari virus corona untuk tinggal di rumah dengan pengecualian terbatas seperti pergi bekerja, ketika negara itu berjuang melawan lonjakan kasus.

Baca juga: Austria Mulai Berlakukan Lockdown Parsial bagi yang Tidak Divaksin Covid-19

Kanselir Austria Karl Nehammer mengatakan, perintah umum untuk tetap di rumah akan dicabut mulai Senin (31/1/2022) seiring kapasitas unit perawatan intensif yang kembali normal.

Namun, yang belum divaksinasi masih akan memiliki batasan. Restoran, hotel, tempat-tempat kebudayaan, dan tempat olahraga semuanya mengharuskan para pengunjung divaksin atau baru saja pulih dari Covid-19.

"Prioritas utama kami adalah menjaga pembatasan serendah mungkin dan hanya selama benar-benar diperlukan," kata Nehammer dikutip dari AFP.

"Lockdown untuk yang belum divaksinasi adalah salah satu tindakan paling ketat yang dapat diambil. Situasi di rumah sakit memungkinkan kita untuk mengakhirinya," katanya.

Lonjakan kasus harian Covid Austria mencapai rekor baru pada 26 Januari. Negara berpenduduk hampir sembilan juta orang itu mencatatkan lebih dari 1,6 juta kasus dan 14.000 kematian akibat virus corona.

Pada Kamis (20/1/2022), parlemen menyetujui kewajiban vaksin Covid-19 untuk orang dewasa mulai 4 Februari meskipun ada gelombang protes.

Hingga saat ini, 72 persen penduduk Austria sudah divaksinasi penuh terhadap Covid-19.

Di bawah undang-undang baru, mereka yang enggan divaksin dapat didenda hingga 3.600 euro (Rp 57,65 juta) mulai pertengahan Maret setelah fase perkenalan awal.

Kewajiban vaksinasi Covid jarang terjadi di seluruh dunia. Baru beberapa negara yang mewajibkannya, seperti Ekuador, Indonesia, Mikronesia, Tajikistan, dan Turkmenistan.

Baca juga: Austria Iming-imingi Warganya Lotre Agar Mau Divaksin Covid-19

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com