Korea Utara Mengaku Luncurkan Rudal Lagi, Total 6 Uji Coba dalam Sebulan

Kompas.com - 28/01/2022, 10:01 WIB
Foto ini disediakan oleh pemerintah Korea Utara, menunjukkan apa yang dikatakan peluncuran uji coba rudal hipersonik di Korea Utara Rabu, 5 Januari 2022. KCNA via KNSFoto ini disediakan oleh pemerintah Korea Utara, menunjukkan apa yang dikatakan peluncuran uji coba rudal hipersonik di Korea Utara Rabu, 5 Januari 2022.

PYONGYANG, KOMPAS.com – Korea Utara mengaku telah meluncurkan rudal jelajah jarak jauh dan rudal balistik jarak pendek pada pekan ini.

Kabar tersebut diwartakan langsung oleh media Pemerintah Korea Utara, Korean Central News Agency (KCNA) pada Jumat (28/1/2022).

Sejak awal tahun, Korea Utara telah melakukan enam uji coba peluncuran rudal, termasuk rudal hipersonik sebagaimana dilansir AFP.

Baca juga: Uji Coba Senjata Korea Utara Berlanjut, Dua Rudal Jelajah Dilaporkan Telah Ditembakkan

KCNA mengatakan, uji coba rudal jelajah jarak jauh diaksanakan pada Selasa (26/1/2022) untuk mengecek kekuatan hulu ledak konvensional rudal berpemandu taktis permukaan-ke-permukaan.

KCNA menambahkan, rudal jelajah jarak jauh tersebut terbang di atas Laut Timur dan mengenai target yang berjarak 1.800 kilometer.

Sedangkan pada Kamis (27/1/2022), sebuah rudal balistik jarak pendek diluncurkan dan menghantam sebuah target.

Baca juga: Sejarah Nuklir Korea Utara: Rudal Balistik, Hipersonik, hingga 16 Kali Bom Hiroshima

“Membuktikan bahwa daya ledak hulu ledak konvensional memenuhi persyaratan desain,” lapor KCNA.

Serangkaian uji coba rudal Korea Utara tersebut dilakukan setelah Kim Jong Un kembali mengungkapkan komitmennya pada Desember 2021 terhadap modernisasi militer.

Kim juga mengunjungi pabrik amunisi yang memproduksi sistem senjata utama, lapor KCNA.

Baca juga: Korea Utara Luncurkan Rudal Lagi, Uji Coba yang Keempat dalam Sebulan

Dalam sebuah foto yang dirilis KCNA, Kim tampak semringah, mengenakan jaket kulit berwanra hitam, dan dikelilingi oleh pejabat berseragam.

KCNA menuturkan, Kim sangat menghargai pabrik yang mempengaruhi inovasi kolektif dan lompatan kemajuan dalam memproduksi senjata utama.

Korea Utara juga sedang bersiap untuk merayakan ulang tahun ke-80 kelahiran mendiang pemimpin Kim Jong Il pada Februari, serta ulang tahun ke-110 pendiri Korea Utara Kim Il Sung pada April.

Baca juga: Seperti Tak Pedulikan Sanksi AS, Korea Utara Luncurkan Rudal Lagi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.