Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Detik-detik Longsor di Selangor, Memakan Badan Jalan hingga “Menelan” Sejumlah Mobil

Kompas.com - 26/01/2022, 20:40 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

SELANGOR, KOMPAS.com – Sebuah video yang menampilkan detik-detik terjadinya longsor di Seri Kembangan, Selangor, Malaysia, viral di media sosial TikTok.

Dalam video itu, longsor terlihat memakan sebagian badan jalan beraspal.

Sejumlah mobil yang terparkir di tepi jalan itu pun pada akhirnya terbawa longsor.

Baca juga: Kisah Rohana, Wanita di Malaysia yang sejak Kecil Ditinggal Ibunya Kembali ke Indonesia, Kini Kesulitan Dapat Kewarganegaraan

Sebelum terjadi longsor, tampak ada beberapa orang yang masih berada di dekat lokasi kejadian.

Ada juga pengguna sepeda motor dan mobil yang tengah melintas dan berhenti di jalan.

Sementara, seseorang yang mengambil video terdengar berteriak meminta orang-orang di dekat lokasi untuk segera berlari saat dirinya melihat sebagain badan jalan di bagian tepi mulai ambles.

Video itu diunggah oleh pengguna akun TikTok damai_jawi pada Selasa (25/1/2022) malam. Hingga Rabu (26/1/2022) pukul 19.45 WIB, unggahan tersebut telah mendapatkan 667.000 like dan 10.2000 komentar.

Mendapan Tanah di Seri Kembangan... Allah Maha Mengetahui.... Sama-sama kita berdoa agar dijauhkan dari bencana...,” tulis pengguna akun TikTok damai_jawi melengkapi unggahan video.

Di dalam kolom komentar, saat menjawab pertanyaan dari pengguna akun TikTok lainnya, pengguna akun TikTok damai_jawi menegaskan bahwa bencana tanah longsor itu terjadi di Lestari Perdana, Seri Kembangan, Selangor, Malaysia pada Selasa malam.

@damai_jawi

Mendapan Tanah di Seri Kembangan... Allah Maha Mengetahui.... Sama-sama kita berdoa agar dijauhkan dari bencana...

? original sound - DAMAI

5 mobil rusak akibat longsor di Selangor

Pada Selasa malam, surat kabar berbahasa Inggris di Malaysia, The Star, tampak memuat kejadian tanah longsor yang terjadi juga di Serdang (sebutan lain untuk Seri Kembangan), Selangor, Malaysia.

Pemandangan kejadian lonsor dalam foto yang diunggah The Star dalam artikel berjudul “Five vehicles damaged as Serdang road caves in” tampak serupa dengan peristiwa yang ditayangkan dalam video yang viral di TikTok.

Baca juga: PM Malaysia Siap Bantu Urus Kewarganegaraan Rohana, Gadis yang sejak Bayi Ditinggal Ibunya Kembali ke Indonesia

Dalam artikel itu, dijelaskan bahwa, ada lima kendaraan yang terparkir di Jalan LP1A/2 Lestari Perdana, Serdang, Selangor mengalami kerusakan akibat longsor di kawasan tersebut pada Selasa malam.

Direktur Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Selangor, Norazam Khamis, mengatakan pihaknya menerima panggilan darurat soal kejadian longsor pada pukul 18.38 waktu setempat.

“Enam petugas pemadam kebakaran dan petugas dengan mesin dari stasiun pemadam kebakaran Serdang bergegas ke tempat kejadian,” kata Norazam diberitakan The Star.

Menurut dia, ketika petugas pemadam kebakaran tiba, mereka telah melihat reruntuhan tanah di dekat saluran pembuangan yang mengakibatkan kerusakan pada lima kendaraan yang diparkir di dekatnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com