Situasi Makin Panas, AS Peringatkan Warganya Tak Kunjungi Rusia

Kompas.com - 24/01/2022, 13:01 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) pada Minggu (23/1/2022) memperingatkan warganya untuk tidak melakukan perjalanan ke Rusia.

Kementerian beralasan karena ketegangan yang sedang berlangsung di sepanjang perbatasan Rusia dengan Ukraina.

Kementerian Luar Negeri AS juga mengeluarkan peringatan lebih lanjut tentang konflik dengan Kiev ketika Moskwa mengumpulkan pasukan di dekat negara tetangganya, Ukraina.

Baca juga: Rusia Bantah Pasang Pemerintahan Boneka di Ukraina

Kementerian Luar Negeri AS kembali mengeluarkan peringatan perjalanannya yang menyebutkan bahwa warga AS tidak boleh melakukan perjalanan ke Rusia.

"Warga AS sangat disarankan untuk tidak bepergian melalui darat dari Rusia ke Ukraina melalui wilayah ini," kata Kementerian Luar Negeri AS sebagaimana dilansir Antara.

Pada Minggu, Pemerintah AS juga memerintahkan anggota keluarga yang memenuhi syarat dari staf kedutaan besarnya di Ukraina untuk meninggalkan negara tersebut.

Otoritas AS juga meminta seluruh warga negara AS agar mempertimbangkan untuk keluar dari Ukraina terkait ancaman aksi militer Rusia.

Baca juga: Insiden Dyatlov Pass: Misteri Kematian 9 Pendaki Rusia di Tengah Salju

"Warga negara AS di Ukraina sebaiknya kini mempertimbangkan kepulangan dengan menggunakan opsi transportasi pribadi atau komersial," kata Kementerian Luar Negeri AS.

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, pada Jumat (21/1/2022) malam waktu setempat, Kedutaan Besar AS di Ukraina mengumumkan pengiriman amunisi pertama telah tiba seperti yang diarahkan oleh Presiden Biden.

Sejumlah pejabat AS mengatakan, amunisi tersebut merupakan bagian dari apa yang disebut Kementerian Luar Negeri AS sebagai bantuan "mematikan" yang dibutuhkan oleh tentara Ukraina di garis depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.