Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahathir Dilarikan ke RS Lagi karena Sakit Jantung, Kali Ketiga dalam Beberapa Minggu

Kompas.com - 22/01/2022, 17:28 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Mantan perdana menteri Malaysia Mahathir Mohamad kembali dirawat di rumah sakit spesialis jantung untuk kali ketiga dalam beberapa minggu terakhir, kata juru bicaranya pada Sabtu (22/1/2022).

Politisi berusia 96 tahun itu berada di unit perawatan jantung National Heart Institute di Kuala Lumpur, kata juru bicara yang meminta tidak disebutkan namanya, tanpa memberikan rincian lebih lanjut, dikutip dari AFP.

Media pun kembali memadati rumah sakit ketika berita menyebar bahwa Mahathir dirawat lagi, sekitar dua minggu setelah dia menjalani perawatan di tempat yang sama.

Baca juga: Eks PM Malaysia Mahathir Mohamad Masuk RS, Kali Kedua dalam Beberapa Minggu

Pada Desember 2021, Mahathir juga mengaku menjalani pemeriksaan selama beberapa hari.

Pria yang akrab dipanggil Dr M itu banyak mengalami masalah jantung selama bertahun-tahun, beberapa kali menderita serangan jantung, dan sempat menjalani operasi bypass.

Mahathir adalah salah satu tokoh politik paling dominan di Malaysia, setelah menjabat dua kali sebagai perdana menteri selama total 24 tahun.

Dia memimpin Malaysia dari 1981 hingga 2003, kemudian kembali berkuasa pada 2018 pada usia 92 tahun dengan memimpin koalisi reformis.

Namun, pemerintahan itu kolaps pada 2020 karena pertikaian.

Baca juga: Kondisi Mahathir Stabil Usai Dirawat di RS Spesialis Jantung

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com