Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terjebak di Rumah Saat Lockdown, Muda-mudi China Ini Jatuh Cinta lalu Bertunangan

Kompas.com - 21/01/2022, 18:32 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

XIANYANG, KOMPAS.com - Sepasang muda-mudi China yang saat kencan buta terjebak di rumah karena lockdown kini bertunangan.

Zhao Xiaoqing, perempuan berusia 28 tahun dari provinsi Shaanxi China utara, mengira kencannya pada pertengahan Desember 2021 dengan seorang pria muda yang tinggal di kota yang berbeda itu akan menjadi urusan satu hari sekaligus mengenal keluarganya.

Para anak muda China di kota-kota kecil dan pedesaan sering mengandalkan keluarga dan teman untuk memperkenalkan calon pasangan, dan dapat bertemu dengan keluarga teman kencan mereka pada saat yang bersamaan.

Baca juga: Daftar Kota-kota di China yang Kini Lockdown Ketat Perangi Infeksi Covid-19

"Saya tidak pernah berpikir untuk menginap, karena ini cukup canggung," kata Zhao Xiaoqing, yang baru bertemu pria itu untuk kali kedua, kepada media lokal Jimu News, Senin (17/1/2022).

Namun, pihak berwenang di kota tempatnya berkencan di Xianyang tiba-tiba memerintahkan lockdown karena lonjakan kasus virus corona, sehingga Zhao Xiaoqing tidak bisa pulang ke rumah.

Orangtua si pria kemudian mendesak pasangan itu untuk menikah setelah satu minggu hidup bersama, tetapi Zhao Xiaoqing merasa itu terlalu terburu-buru, demikian laporan dari AFP.

Zhao Xiaoqing mengatakan, dia awalnya tidak terlalu tertarik ketika kali pertama melihat foto pria bernama Zhao Fei itu, tetapi kemudian berpikir dia aslinya terlihat lebih baik.

Meskipun awalnya canggung, pasangan itu mulai saling tertarik dan sekarang memutuskan untuk bertunangan.

"Kami saling mengenal dengan sangat baik," kata Zhao Xiaoqing yang merupakan pedagang apel online kepada Jimu News.

"Aku harus menjual apel secara live streaming di rumahnya, tapi tidak peduli seberapa larut dia selalu di sampingku. Aku sangat tersentuh dengan itu," katanya.

"Kami cocok, rukun, dan kedua orang tua kami bahagia," lanjutnya.

Baca juga: Suksesnya Lockdown Xian: China Suplai Makanan Gratis dan Turunkan Kasus Covid-19

Meski Xiaoqing sudah yakin dengan Fei, sejumlah netizen yang mengkuti kisah mereka mewanti-wanti agar tidak gegabah.

"Kemudian setelah satu atau dua tahun Anda akan bosan satu sama lain dan bercerai... Saya sudah melihat sangat banyak pernikahan kilat semacam ini," tulis seorang warganet China.

"Kak, pikirkan baik-baik tentang ini," netizen lainnya memperingatkan.

Kisah Zhao Xiaoqing menjadi viral di media sosial China hanya beberapa hari setelah pasangan lain menjadi berita besar, karena terjebak pada kencan buta selama seminggu akibat lockdown Covid.

Wang, perempuan di provinsi Henan, China tengah, terjebak di apartemen pelamarnya sejak berkunjung untuk makan masakan rumah sebagai kencan pertama mereka pada awal Januari.

Namun, bibit asmara belum mengembang untuk Wang, yang mengeluh teman kencannya banyak bicara seperti "manekin kayu".

Baca juga: Kota Tiba-tiba Lockdown, Seorang Wanita Terjebak di Rumah Pria Asing Usai Kencan Buta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com