Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Pantai Gading Memanfaatkan Piala Afrika 2021 untuk Dongkrak Vaksinasi Covid-19

Kompas.com - 14/01/2022, 13:04 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber Reuters

ABIDJAN, KOMPAS.com – Pemerintah Pantai Gading menggunakan sepak bola untuk mendokrak capaian vaksinasi Covid-19 bagi warga.

Mereka melakukan upaya itu dengan memanfaatkan penyelenggaraan Piala Afrika 2021 yang baru mulai diadakan belum lama ini.

Di mana, Kementerian Kesehatan Pantai Gading telah menyiapkan zona khusus untuk pelaksanaan rapid test, pemberian masker, dan vaksinasi Covid-19 di sejumlah lokasi nonton bareng (nobar) pertandingan Piala Afrika di negara mereka.

Baca juga: Novak Djokovic Terancam Hukuman Penjara atas Pernyataan Palsu dan Pelanggaran Karantina Covid-19

Jika memenuhi syarat, para pendukung timnas Pantai Gading atau warga yang menonton pertandingan Piala Afrika yang datang di lokasi nobar akan divaksinasi Covid-19 saat itu juga.

Ini merupakan inisiatif dari Kementerian Kesehatan Pantai Gading untuk memacu vaksinasi Covid-19.

Sepak bola termasuk olahraga favorit di negara Afrika Barat itu.

Dalam pelaksanaan Piala Afrika ini, ribuan penggemar pun terlihat telah berbondong-bondong pergi ke ibukota komersial Abidjan di untuk menonton pertandingan lewat layar raksasa.

Timnas Pantai Gading diketahui berada di grup yang sama dengan juara bertahan Aljazair, Gunea Khatulistiwa, dan Sierra Leone.

Dalam pertandingan pertama, timnas Pantai Gading telah berhasil mengalahkan Guinea Khatulistiwa 1-0 untuk memuncaki grup.

Baca juga: China Tolak Sejumlah Penerbangan dari AS Setelah Temuan Banyak Kasus Covid-19

Kementerian Kesehatan Pantai Gading menegaskan penggunaan masker diperlukan di dalam zona penonton, dan stan telah didirikan untuk meningkatkan kesadaran tentang Covid-19. Rapid test dan vaksin juga sudah ditawarkan di klinik keliling.

"Kami datang dengan vaksin dan banyak lagi, untuk menyadarkan penduduk tentang pemakaian masker dan kepatuhan terhadap tindakan perlindungan," kata Serge Yao Djezou, manajer Covid-19 untuk Kementerian Kesehatan Pantai Gading di zona penggemar di Yopougon, pinggiran Abidjan, sebagaimana dikutip dari Reuters, Jumat (14/1/2022).

Abidjan adalah pusat wabah Covid-19 di Pantai Gading, di mana kasus infeksi virus corona di wilayah ini melonjak dalam beberapa pekan terakhir karena varian Omicron yang sangat menular.

Pantai Gading sendiri telah memberikan dosis yang cukup untuk memvaksinasi sekitar 14 persen dari 26 juta penduduknya sejauh ini, menurut data yang dikumpulkan oleh Reuters.

Pemberian vaksinasi Covid-19 di tengah gelaran Piala Afrika 2021 bertujuan untuk menggandakan capaian angka vaksinasi tersebut pada akhir Juni, target dari Kementerian Kesehatan.

"Apa yang memotivasi saya (untuk divaksinasi) adalah pertandingan Pantai Gading," kata salah seorang penggemar sepak bola berusia 31 tahun Jean-Jacques Bakayoko setelah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 di area nobar di Yopougon. 

Baca juga: WHO: Jangan Perlakukan Covid-19 Seperti Flu

Ada puluhan anak muda disuntik vaksin Covid-19 di sana. 

Pantai Gading telah melaporkan setidaknya 77.857 infeksi dan 742 kematian terkait virus corona sejak pandemi dimulai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com