Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Muhammad Mohiuddin, Dokter di Balik Cangkok Jantung Babi ke Manusia

Kompas.com - 13/01/2022, 10:46 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

BALTIMORE, KOMPAS.com - Dokter Muhammad Mohiuddin pada Selasa (11/1/2022) membuat sejarah dengan melakukan operasi transplantasi jantung babi ke manusia di Pusat Medis Universitas Maryland, Baltimore, Amerika Serikat (AS).

Dokter kelahiran Pakistan itu melakukannya bersama dokter bedah Bartley P Griffith. Cangkok jantung babi ke manusia tersebut adalah yang pertama di dunia.

Adapun pasiennya adalah David Bennett (57), pria dengan penyakit jantung yang membutuhkan transplantasi sebagai harapan terakhir untuk menyelamatkan hidupnya.

Baca juga: Pertama di Dunia, Pria Ini Sukses Dapat Transplantasi Jantung dari Babi

Dikutip dari News18 pada 11 Januari 2021, Dr Muhammad Mohiuddin adalah ilmuwan dan ketua Cardiac Xenotransplantaion Program di University of Maryland School of Medicine (UMSOM).

Muhammad Mohiuddin juga merupakan salah satu pakar terkenal dalam transplantasi organ hewan atau yang dikenal sebagai xenotransplantasi.

Cangkok jantung babi ke manusia yang dilakukan Dr Muhammad Mohiuddin adalah kali pertama di dunia, dan tiga hari setelah operasi yang dilakukan pada Sabtu (8/1/2022), Bennett merasa baik-baik saja.

Diwartakan BBC, transplantasi jantung itu dari babi yang dimodifikasi secara genetik. Operasi eksperimental tersebut berlangsung selama tujuh jam.

"Ini seperti mati atau melakukan transplantasi," ujar Bennet (57) sehari sebelum operasi.

"Aku tahu ini pertaruhan, tetapi ini pilihan terakhirku," imbuhnya dikutip dari BBC, Selasa (11/1/2022).

Baca juga: Cangkok Jantung Babi ke Manusia Berbuah Kontroversi, Dari Masalah Etis hingga Agama

Profil Muhammad Mohiuddin

David Bennett (kanan) menjadi orang pertama yang sukses menjalani operasi transplantasi jantung dari babi, di Pusat Medis Universitas Maryland, Baltimore, Amerika Serikat.UNIVERSITY OF MARYLAND SCHOOL OF MEDICINE via BBC David Bennett (kanan) menjadi orang pertama yang sukses menjalani operasi transplantasi jantung dari babi, di Pusat Medis Universitas Maryland, Baltimore, Amerika Serikat.
Selain mengepalai program xenotransplantasi jantung di UMSOM dan pakar terkemuka dalam transplantasi organ hewan, Dr Muhammad Mohiuddin juga menjabat sebagai guru besar ilmu bedah di UMSOM.

“Ini adalah puncak dari penelitian bertahun-tahun yang sangat rumit untuk mengasah teknik ini pada hewan dengan waktu bertahan hidup yang mencapai lebih dari sembilan bulan," terang Muhammad Mohiuddin dikutip dari Pakistan Observer, Selasa (11/1/2022).

"FDA (BPOM-nya AS) menggunakan data kami dan data pada babi percobaan untuk mengizinkan transplantasi pada pasien penyakit jantung stadium akhir yang tidak memiliki pilihan pengobatan lain,” lanjutnya menurut pernyataan yang dikeluarkan UMSOM dan Pusat Medis Universitas Maryland (UMMC).

Dokter kelahiran Pakistan tersebut mendapat gelar MBBS dari Dow Medical College, Karachi, pada 1989.

Ia pindah ke AS kemudian menerima beasiswa pertamanya dalam biologi transplantasi di University of Pennsylvania, lalu beasiswa dalam transplantasi sumsum tulang di Institute of Cellular Therapeutics, Drexel University.

Dr Muhammad Mohiuddin mengatakan, informasi dan temuan yang didapat tim selama operasi akan bermanfaat bagi komunitas medis di masa depan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com