Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WHO: Jangan Perlakukan Covid-19 Seperti Flu

Kompas.com - 12/01/2022, 15:43 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Seorang pejabat tinggi di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan agar tidak memperlakukan Covid-19 seperti flu.

“Kami masih memiliki sejumlah besar ketidakpastian dan virus yang berkembang cukup cepat, menimbulkan tantangan baru,” kata Catherine Smallwood, petugas darurat senior WHO untuk Eropa, dalam konferensi pers, dikutip Reuters.

“Kita tentu belum sampai pada titik yang bisa disebut endemik,” tambahnya.

Baca juga: WHO Minta Masyarakat Global Tak Anggap Remeh Omicron

Namun, dia mengatakan bahwa Covid-19, “mungkin menjadi endemik pada waktunya, tetapi menetapkannya hingga 2022 agak sulit".

Peringatan itu muncul saat dunia mengalami gelombang infeksi Covid-19 lainnya, yang kali ini sebagian besar didorong varian omicron yang sangat mudah menular.

Data awal menunjukkan bahwa galur baru dapat menyebabkan infeksi yang tidak terlalu parah pada individu yang divaksinasi dibandingkan dengan varian sebelumnya.

Sementara, kasus pun mulai meroket. Rekor 1,35 juta infeksi baru dilaporkan di Amerika Serikat pada hari Senin (10/1/2022).

Ini terjadi meskipun jumlah kematian lebih rendah daripada gelombang pandemi sebelumnya.

Baca juga: WHO Minta Omicron Tidak Dianggap Remeh: Bukan Penyakit Ringan

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez juga menyarankan bahwa mungkin sudah waktunya bagi dunia untuk mengubah cara melacak pandemi, bukan menerapkan strategi yang digunakan untuk flu.

"Ada perdebatan di tingkat teknis dan tingkat Eropa, untuk mulai mengevaluasi evolusi penyakit ini dengan parameter yang berbeda dari yang kami miliki sampai sekarang," kata Sanchez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com