Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Para Pemenang Kontes Kecantikan Unta di Arab Saudi tahun 2022

Kompas.com - 09/01/2022, 13:03 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber Arab News

RIYADH, KOMPAS.com - Juri kontes kecantikan unta di Festival Unta Raja Abdulaziz edisi keenam yang diadakan di timur laut Riyadh, Arab Saudi, telah mengumumkan pemenang untuk kategori tunggal putri.

Kontes ini diketahui melibatkan unta Al-Mughateer, jenis unta yang terkenal di kalangan penduduk lokal di Jazirah Arab.

Suku Badui atau Bedouin membagi unta Al-Mughateer menurut warnanya mulai dari corak putih hingga kuning dan merah, dan masing-masing warna memiliki nama.

Baca juga: 43 Unta Arab Didiskualifikasi dari Kontes Kecantikan karena Pakai Botox dan Kosmetik

Dikutip dari Arab News, Sabtu (8/1/2022), berdasarkan penilian dewan juri, berkat penampilan untanya, Haya Al-Askar berhasil keluar menjadi juara 1 dalam kontes kecantikan unta tersebut.

Setelah itu, Rasma Al-Dosari ditetapkan juri menjadi juara kedua, Malath binti Aoun di posisi ketiga, Lamia Al-Rashidi di posisi keempat, dan Dalal binti Abdullah Al-Otaibi di posisi kelima.

Pelibatan perempuan pertama kali

Al-Rashidi mengaku senang menjadi salah satu perempuan Saudi pertama yang turut ambil bagian dalam acara semacam itu.

Festival tersebut, dalam edisi keenamnya, seperti diketahui telah mengizinkan kaum perempyan untuk ambil bagian dan memamerkan unta mereka untuk pertama kalinya.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Raja Salman karena mengizinkan wanita mendapatkan kesempatan yang luar biasa. Saya bercita-cita untuk berpartisipasi tahun depan dan mudah-mudahan memenangkan tempat pertama,” kata Al-Rashidi.

Baca juga: 43 Unta Arab Didiskualifikasi dari Kontes Kecantikan karena Pakai Botox dan Kosmetik

Munira Al-Mushkhas juga mengungkapkan kebahagiaan ketika bisa berpartisipasi dalam kontes kecantikan unta di Festival Unta Raja Abdulaziz.

Dirinya tertarik turut serta dalam acara tersebut karena festival unta kali ini adalah yang pertama kali yang melibatkan perempuan.

Munira pun tak ingin melewatkan kesempatan tersebut.

Dia mengajak para wanita lain untuk turut serta dalam kontes kecantikan Festival Unta Raja Absulaziz edisi berikutnya.

"Saya mengundang semua wanita untuk berpartisipasi dalam festival ini, dan merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk memiliki unta saya di 10 besar," jelas dia.

Penunggang unta dan penunggang kuda Saudi ambil bagian dalam parade selama Festival Unta Raja Abdulaziz edisi keenam di wilayah Rumah, timur ibukota Riyadh, Sabtu (8/1/2022). Fayez Nureldine Penunggang unta dan penunggang kuda Saudi ambil bagian dalam parade selama Festival Unta Raja Abdulaziz edisi keenam di wilayah Rumah, timur ibukota Riyadh, Sabtu (8/1/2022).

Peserta termuda berusia tujuh tahun, Malath binti Aoun, yang menjadi juara ketiga, mengucapkan terima kasih kepada Fahd bin Hithlin, ketua dewan klub unta, yang telah memberikan kesempatan bagi perempuan untuk ambil bagian.

Sementara, Haya Al-Askar, mengungkapkan kebahagiaannya karena berhasil menjadi juara pertama dalam kontes yang diikuti 34 wanita itu.

Partisipasi wanita dalam festival tersebut merupakan awal dari rencana klub yang lebih luas untuk memperluas kehadiran wanita dalam berbagai acara mereka.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com