Truth Social, Medsos Buatan Donald Trump, Akan Dirilis 21 Februari

Kompas.com - 07/01/2022, 23:00 WIB
Tangkapan layar aplikasi Truth Social buatan Donald Trump di App Store. App StoreTangkapan layar aplikasi Truth Social buatan Donald Trump di App Store.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Grup media milik mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berencana merilis jejaring sosial yang telah lama dijanjikan pada Februari, menurut daftar di App Store Apple.

Aplikasi Truth Social direncanakan tersedia pada 21 Februari dan akan memiliki fitur yang mirip dengan alat koneksi online di Facebook.

Pria berusia 75 tahun itu diblokade dari Twitter - saluran komunikasi favoritnya saat menjadi presiden - serta Facebook dan YouTube setelah pemberontakan 6 Januari tahun lalu.

Baca juga: TRUTH Social, Medsos Bikinan Trump, Akan Diluncurkan 2022

Dalam penyerbuan Capitol Hill, massa pendukung Trump yang gusar dengan klaim palsunya yang berulang kali bahwa pilpres AS November 2020 dicuri darinya, menyerang gedung Kongres AS tersebut.

Trump mengatakan, medsos buatannya akan menjadi alternatif dari perusahaan-perusahaan internet di Silicon Valley yang menurutnya bias terhadapnya dan suara konservatif lainnya.

Truth Social saat ini digunakan oleh tamu undangan, menurut Trump Media and Technology Group yang dikutip AFP.

Presiden Joe Biden pada Kamis (6/1/2022) menyebut Trump berbohong dan berusaha membatalkan pilpres AS2020.

Biden bersumpah pada peringatan pertama dari kerusuhan Capitol 6 Januari bahwa ia tidak akan membiarkan siapa pun menempatkan belati di tenggorokan demokrasi.

Setelah jarang mengungkit Trump selama setahun, Biden menggambarkan Partai Republik sebagai penipu yang egonya tidak akan membiarkan Trump menerima kekalahan, dan pendukungnya hampir menghancurkan demokrasi AS ketika menyerbu Kongres untuk mencegah pengesahan pemilihan.

Baca juga: Trump Gembar-gemborkan Prestasinya Kembangkan Vaksin Covid-19

Trump, yang tahun lalu gencar menyebarkan teori konspirasi tentang kekalahannya di pilpres AS kepada jutaan pengikut, dengan cepat membalas pidato Biden sebagai teater politik.

Truth Social akan bergabung dengan pasar media-media sosial yang sudah ramai dan populer di kalangan konservatif dan anggota sayap kanan.

Gettr diluncurkan pada awal Juli oleh mantan penasihat Trump, sementara Parler dan Gab sudah menjadi favorit pendukung taipan real estat itu.

Baca juga: Biden Sebut Trump Mantan Presiden yang Dikalahkan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.