Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

70 Tahun Bermimpi dapat Gelar Sarjana, Kakek 88 Tahun Ini Akhirnya Lulus Bersama Cucunya

Kompas.com - 30/12/2021, 05:45 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Daily Mail

SAN ANTONIO, KOMPAS.com - Seorang pria berusia 88 tahun yang berusaha untuk meraih gelar sarjananya selama lebih dari 70 tahun akhirnya lulus, dan dia mencapai pencapaian tersebut bersama cucunya yang berusia 23 tahun.

Rene Neira, dari San Antonio, dari Texas Amerika Serikat (AS), pertama kali mendaftar di perguruan tinggi pada 1950-an.

Tetapi ia harus berhenti sekolah agar dapat fokus pada keluarganya, walaupun selalu bermimpi untuk menyelesaikan pendidikannya.

Ketika cucunya, Melanie Salazar, lulus dari sekolah menengah dan mulai berusaha mendapatkan gelarnya sendiri, si kakek terinspirasi untuk melakukan perjalanan akademis bersama cucunya.

Baca juga: Belajar Tak Kenal Usia, Nenek 104 Tahun Berhasil Membaca dan Menulis

Mereka kuliah di University of Texas bersama selama empat tahun, di mana Rene langsung menjadi populer di kampus. Dia 'menginspirasi dan memotivasi' mahasiswa lainnya.

Pada 11 Desember, mereka berdua lulus secara berdampingan. Dengan Melanie mendapatkan gelar sarjana sosial di bidang komunikasi, dan kakeknya mendapatkan gelar pengakuan di bidang ekonomi.

Naik panggung bersama menjadi momen emosional bagi Melanie.

“Semuanya diam. Saya tidak mendengar tepuk tangan atau tepuk tangan, tetapi saya diberitahu bahwa seluruh stadion menyembut meriah," katanya kepada Good Morning America melansir Daily Mail pada Selasa (27/12/2021).

Menurut sang cucu, sejak tahun 1950-an, kakeknya telah berjuang untuk bisa meraih gelar sarjana dan itu telah menjadi salah satu tujuan hidup dan impiannya.”

Tapi di tahun 50-an dia jatuh cinta dan menikah dan memulai sebuah keluarga, jadi dia tidak bisa langsung melanjutkan sekolah.

Selama bertahun-tahun, Rene mengambil beberapa kelas di sana-sini. Tetapi sulit baginya untuk fokus pada pendidikannya, sambil menyeimbangkan menjadi suami dan ayah dari lima anak dan bekerja di bank lokal.

Baca juga: Video Belajar dengan Lampu Neon di Kepala Viral, Remaja China Jadi Ikon Nasional Baru

Rene dan Melanie pertama kali menghadiri community college bernama Palo Alto bersama. Setelah lulus dari sana pada 2017, mereka berdua pindah ke University of Texas.

Selama di sekolah, Melanie dan Rene tidak pernah berbagi kelas, namun mereka melakukan belajar, dan makan siang bersama.

“Saya juga presiden klub di sekolah untuk sementara waktu dan ada kalanya dia akan datang ke pertemuan klub saya,” kenang Melanie.

“Itu benar-benar istimewa karena saya selalu bisa memamerkannya dan berteriak bahwa kakek saya ada di sana.”

Halaman:
Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com