Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barang Maradona dari Cerutu, Mobil Mewah, hingga Vila Dilelang untuk Bayar Utang

Kompas.com - 20/12/2021, 09:08 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber AFP

BUENOS AIRES, KOMPAS.com - Hampir 90 barang yang pernah dimiliki mendiang superstar sepak bola Argentina Diego Maradona dilelang secara virtual dalam penjualan internasional dari Buenos Aires untuk membayar utang dan biaya perkebunan. 

Barang-barang itu termasuk dasi, dua mobil BMW, sekotak cerutu Kuba hingga rumah orang tuanya.

Baca juga: Polisi Temukan Jam Tangan Khusus Maradona Seharga Rp 381 Juta, Pencurinya Ditangkap

"Saat ini, kami memiliki 1.120 orang terdaftar dan dalam posisi untuk menawar dalam lelang," kata Adrian Mercado, penyelenggara penjualan, kepada AFP, Sabtu (18/12/2021).

Menurutnya, 87 lot yang akan ditawarkan akan memiliki tawaran minimum mulai dari 50 dollar AS (Rp 718.250) hingga 900.000 dollar AS (Rp 12,9 miliar).

Penjualan itu diperintahkan oleh otoritas Argentina dalam kesepakatan dengan ahli waris dari harta juara dunia sepak bola 1986 itu.

"Anak-anak membuat banyak pilihan barang-barangnya," kata Mercado. "Barang yang paling emosional, dengan kenangan indah, penuh gairah, akan disimpan oleh keluarga."

Baca juga: Selidiki Kematian Maradona, Jaksa Interogasi Perawat Shift Siang

Rumah yang dilelang, di lingkungan Villa Devoto Buenos Aires, adalah yang diberikan Maradona kepada orang tuanya pada 1980-an, ketika "Nomor 10" bermain untuk tim profesional Boca Juniors.

"Tahun-tahun berlalu, klub, cerita, dan Piala Dunia, tetapi rumah di Cantilo (jalan) selalu menjadi tempat Maradona," bunyi pesan di situs web yang mempromosikan pelelangan.

Jauh dari rumah sederhana di lingkungan miskin tempat Maradona lahir pada 1960, vila yang dia berikan kepada orang tuanya dan tempat mereka tinggal sampai kematiannya pada 25 November 2020, nyaman jika tidak mewah dan memiliki kolam renang.

Tawaran minimum untuk properti itu adalah 900.000 dollar AS telah ditetapkan untuk itu.

 

Baca juga: Wanita Ini Mengaku Diperkosa Diego Maradona Saat Berusia 16 Tahun

Melunasi utang

Juga masuk dalam penawaran adalah dua mobil BMW, model 2017 dan 2016, dengan tawaran minimum masing-masing 225.000 dollar AS (3,2 miliar) dan 165.000 dollar AS (2,3 miliar).

Ada juga van Hyundai, dengan minimum penjualan 38.000 dollar AS (Rp 545 juta), dan apartemen dua kamar tidur di kota resor Mar del Plata (250 mil, atau 400 kilometer, selatan Buenos Aires), dengan harga dasar 65.000 dollar AS (933 juta).

Barang sang bintang sepak bola lainnya adalah treadmill yang digunakan Maradona, ketika dia tinggal di Dubai saat melatih tim di sana (minimum 3.500 dollar AS setra Rp 50 juta), foto bintang sepak bola dengan mendiang pemimpin Kuba Fidel Castro (400 dollar AS setara Rp 5,7 juta), dan cerutu Kuba (300 dollar AS setara Rp 4,3 juta).

Sebuah surat tulisan tangan yang ditandatangani oleh Castro, bagaimanapun, tidak akan dijual meskipun ada ekspektasi sebelumnya.

Baca juga: Berulang Tahun 30 Oktober, Inilah Sepak Terjang Diego Maradona

Dasi, topi, sepatu bot dan perlengkapan olahraga, serta enam televisi, perabotan, peralatan olahraga, lukisan dan foto melengkapi barang-barang yang dilelang atas perintah Hakim Luciana Tedesco.

Lelang dimulai Minggu (19/12/2021) pukul 11:00 waktu setempat dan berlangsung dua jam, kata Mercado.

Hasil dari lelang akan digunakan untuk membayar utang dan biaya perkebunan, tetapi tidak untuk ahli waris Maradona.

Pengadilan akan memutuskan bagaimana membuang barang-barang yang tidak terjual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com