Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Tip Puluhan Juta Rupiah dari Pelanggan yang Puas, Wanita Ini Malah Dipecat Bosnya

Kompas.com - 18/12/2021, 12:45 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

BENTONVILLE, KOMPAS.com - Seorang pramusaji di Arkansas yang menerima tip sebesar 4.400 dollar AS (Rp 63 juta) dipecat setelah sang manajer membuatnya berbagi dengan staf lain.

Pemberian dari konsumen yang murah hati itu diberikan pada 6 Desember. Saat itu, Ryan Brandt dan satu pramusaji lain mengadakan pesta untuk lebih dari 40 orang di Oven and Tap di Bentonville, menurut laporan Fox 59.

“Kami tahu pramusaji benar-benar terpukul keras akibat Covid-19, dan itu adalah sesuatu yang kami buat untuk membantu memberi kembali,” ujar Grant Wise, yang makan di restoran setelah konferensi di kota, kepada CBS 5.

Baca juga: Cerita Driver Makanan Dapat Tip Rp 3,5 Juta, Pemesan Minta Doa Cepat Punya Anak

Akan tetapi, manajer restoran menginstruksikan Brandt untuk membagikan tipnya dengan rekan kerja yang tidak melayani pesta besar.

Pengaturan itu belum pernah terjadi sebelumnya, selama lebih dari tiga tahun wanita itu bekerja di sana.

"Saya diberitahu untuk memberikan uang (tip) saya kepada manajer shift restoran, dan saya akan membawa pulang 20 persen," kata Brandt kepada Fox 59.

Ketika Wise, yang memiliki perusahaan real estate bernama Witly, mengetahui tindakan bos restoran itu, dia meminta restoran mengembalikan uang tip — lalu menyerahkan 2.200 dollar AS langsung ke Brandt.

Namun, Brandt dipecat keesokan harinya.

“Mereka memecat saya dari Oven and Tap melalui telepon, padahal saya sudah berada di sana selama 3,5 tahun dan itu benar-benar memilukan,” kata Brandt kepada CBS 5. “Terutama karena saya tidak berpikir saya melakukan kesalahan.”

Baca juga: Pembeli Beri Tip Pelayan Toko Rp 19 Juta, Tinggalkan Pesan Mengumpat Covid-19

Dalam sebuah pernyataan, Oven and Tap mengatakan, Brandt dipecat karena alasan yang tidak terkait dengan insiden tip.

Restoran mengeklaim bahwa pihaknya "menghormati penuh" permintaan pemberi tip yang murah hati untuk memberi penghargaan kepada sepasang pramusaji di pesta mereka.

“Setelah makan, rombongan besar tamu ini meminta agar tip mereka diberikan ke dua pelayan tertentu. Kami sepenuhnya menghormati permintaan mereka,” kata pernyataan yang diberikan kepada outlet lokal melansir New York Post.

“Untuk menghormati anggota tim kami yang sangat berharga, kami tidak membahas detail seputar pemutusan hubungan kerja seorang karyawan.”

Sementara pramusaji yang dihentikan beberapa hari setelah rombongan makan bersama kami tidak diberhentikan karena dia memilih untuk menyimpan uang tip.

Menurut manajemen restoran itu, dua pramusaji lain yang menerima tip besar malam itu dari organisasi Witly, termasuk satu yang juga menerima 2.200 dollar AS, masih menjadi karyawannya.

Baca juga: Terjebak di Toko IKEA, Pelanggan Dapat Kesempatan Langka Tidur di Ruang Pameran

Sebagai tanggapan, Grant Wise memulai pengumpulan dana GoFundMe untuk Brandt, yang telah mengumpulkan lebih dari 8.700 dollar AS pada Senin (13/12/2021) pagi.

“Itu menghancurkan, (terlebih) saya mengambil pinjaman yang besar untuk biaya sekolah di universitas,” kata Brandt tentang kehilangan pekerjaannya.

“Sebagian besar dimatikan karena pandemi, tetapi dihidupkan kembali pada Januari dan itu adalah kenyataan pahit.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com