Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Covid-19 Naik, California Wajibkan Lagi Pakai Masker di Semua Ruang Publik

Kompas.com - 14/12/2021, 12:06 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP,Reuters

CALIFORNIA, KOMPAS.com – Pemerintah California akan kembali memberlakukan mandat masker di seluruh negara bagian di semua ruang publik dalam ruangan ketika tingkat kasus Covid-19 melonjak.

Kewajiban penggunaan masker itu akan mulai diberlakukan pada Rabu (15/12/2021).

Sebelumnya kewajiban menggunakan masker hanya berlaku di ruang publik tertentu, seperti bandara, rumah sakit, dan sekolah atau tidak sampai menyentuh di toko, restoran, atau bioskop.

Baca juga: 17 November 2003: Arnold Schwarzenegger Dilantik Jadi Gubernur California

Mulanya, pengetatan aturan penggunaan masker di California ini akan diberlakukan selama sebulan ke depan atau sampai 15 Januari 2022.

Sekretaris Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan California, Mark Ghaly, menyebut mandat masker menjadi salah satu dari beberapa langkah yang diambil untuk memperlambat gelombang infeksi virus corona yang sudah membebani rumah sakit di daerah-daerah dengan tingkat vaksinasi rendah.

"Kami tahu orang-orang lelah dan “lapar” akan keadaan normal. Terus terang saya juga," kata Mark Ghaly sebagaimana dikutip dari Reuters, Selasa (14/12/2021).

Tingkat infeksi Covid-19 di California telah melonjak 47 persen sejak perayaan Thanksgiving, yakni menjadi lebih dari 14 kasus per 100.000 orang.

Dilansir dari Kantor Berita AFP, Selasa, California juga akan memperketat persyaratan pengujian atau tes untuk orang yang tidak divaksinasi saat hendak menghadiri pertemuan lebih dari 1.000 orang di ruang tertutup.

Orang yang tidak divaksinasi harus bisa menunjukkan hasil tes Covid-19 negatif yang diambil kurang dari 24-48 jam tergantung pada jenis tes yang dilakukan sebelum acara.

Baca juga: Lepas Kondom Diam-diam Tanpa Izin Pasangan Jadi Ilegal di California

Ghaly menyampaikan, pemerintah California juga merekomendasikan agar semua turis asing yang berkunjung ke negara bagian itu untuk diuji Covid-19 dalam tiga hingga lima hari setelah kedatangan.

Langkah tersebut dimaksudkan untuk membantu California mencegah perlunya tindakan yang lebih ketat seperti membatasi kapasitas di tempat-tempat umum atau menutup sektor ekonomi.

“Aturan seperti itu saat ini tidak dipertimbangkan, dan para pejabat berharap aturan itu tidak diperlukan jika penduduk mematuhi aturan masker,” kata Ghaly.

Dia menyampaikan bahwa pihaknya telah memiliki bukti bahwa masker memang bisa membuat perbedaan.

“Bahkan peningkatan 10 persen dalam penggunaan masker di dalam ruangan dapat mengurangi penularan kasus secara signifikan,” katanya.

Baca juga: WHO: Risiko Infeksi Ulang Varian Omicron Mungkin Lebih Tinggi, tapi Gejala Ringan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP,Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com