Kasus Covid-19 Naik, Norwegia Bakal Perketat Mobilitas Warga

Kompas.com - 13/12/2021, 20:26 WIB

OSLO, KOMPAS.com – Pemerintah Norwegia akan memperketat pembatasan mobilitas warganya mulai pekan ini dalam upayanya menekan penyebaran virus corona.

Perdana Menteri Norwegia, Jonas Gahr Stoere, menyebut situasi pandemi Covid-19 di Norwegia kini serius.

"Penyebaran infeksi terlalu tinggi dan kami harus mengambil tindakan untuk membatasi perkembangan ini," kata Jonas Gahr Stoere kepada kantor berita NTB, Senin (13/12/2021).

Baca juga: WHO: Varian Omicron Lebih Menular daripada Delta, Kurangi Kemanjuran Vaksin

Norwegia mencatat rekor tertinggi baik dalam hal infeksi Covid-19 baru maupun kasus rawat inap.

Sebagian kasus terjadi karena penyebaran varian Omicron.

Dalam penilaian risiko yang dirilis pada Senin, Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia (FHI) merekomendasikan pemerintah untuk bergerak cepat.

“Kurangnya tindakan sekarang dapat menyebabkan konsekuensi negatif yang besar bagi masyarakat, bukan hanya untuk layanan kesehatan,” terang FHI.

FHI memprediksi, jika langkah-langkah efektif pencegahan penyebaran virus corona tidak ditetapkan, negara berpenduduk 5,4 juta orang itu berisiko memiliki antara 90.000 -300.000 kasus Covid-19 baru setiap hari mulai awal Januari 2022 dan seterusnya.

Baca juga: WHO: Risiko Infeksi Ulang Varian Omicron Mungkin Lebih Tinggi, tapi Gejala Ringan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.