Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jarang Terjadi, Israel Serang Pelabuhan Utama Suriah dengan Rudal

Kompas.com - 07/12/2021, 09:31 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

LATAKIA, KOMPAS.com - Serangan udara Israel menghantam pelabuhan Latakia, Suriah, Selasa dini hari (7/12/2021), menurut media pemerintah Suriah.

Dilaporkan juga bahwa serangan Israel jarang menargetkan fasilitas utama.

"Sekitar 01.23 hari ini (2323 GMT Senin), Israel melakukan agresi udara dengan beberapa rudal," lapor kantor berita SANA mengutip sumber militer.

"Pertahanan udara kami memukul mundur agresi Israel di Latakia."

Baca juga: Israel Kembali Kirim Serangan Rudal ke Dekat Ibu Kota Suriah

Serangan itu menargetkan tempat kontainer pelabuhan, menyebabkan sejumlah peti kemas terbakar tetapi tanpa menimbulkan korban, katanya dikutip dari AFP.

Foto-foto yang diterbitkan oleh SANA menunjukkan kebakaran di halaman, tetapi televisi pemerintah Suriah kemudian mengatakan bahwa petugas pemadam kebakaran telah mengendalikan api.

Israel berulang kali mengatakan, tidak akan membiarkan Suriah, negara tetangganya, menjadi landasan peluncuran bagi musuhnya, Iran.

Sejak perang saudara Suriah pecah pada 2011, Israel melakukan ratusan serangan udara di wilayah Suriah, menargetkan pos-pos pemerintah serta pasukan sekutu yang didukung Iran dan milisi Hezbollah.

Pada 24 November, serangan rudal Israel di provinsi Homs menewaskan lima orang, menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

Dalam dua serangan terpisah Israel pada Oktober, lima milisi pro-Iran tewas di dekat ibu kota Suriah, Damaskus, sementara sembilan pejuang pro-pemerintah tewas di dekat pangkalan udara T4 di Palmyra, Suriah tengah, kata pemantau perang yang berbasis di Inggris tersebut.

Baca juga: Sejarah Konflik dalam Hubungan Israel dengan Negara Arab

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com