Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Angela Merkel Sebelum Letakkan Jabatan: Ambil Vaksin Secepatnya!

Kompas.com - 05/12/2021, 12:31 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber AFP

BERLIN, KOMPAS.com – Beberapa hari sebelum meletakkan jabatannya, Kanselir Jerman Angela Merkel mendesak warga Jerman untuk mendapatkan vaksin Covid-19 secepatnya.

Hal itu disampaikannya pada Sabtu (4/12/2021) dalam edisi perpisahan pada podcast mingguannya.

"Saya sekali lagi dengan tegas meminta Anda untuk menganggap serius virus rumit ini," kata Merkel, merujuk pada Covid-19.

Baca juga: Angela Merkel Pamit, Diiringi Lagu Punk dan Hati Lapang

Dia juga memperingatkan bahwa gelombang keempat di Jerman sangat serius. Banyak unit perawatan intensif di beberapa rumah sakit sampai kelebihan beban dan kewalahan.

“Khususnya, adanya varian Omicron yang tampaknya lebih menular daripada sebelumnya. Segeralah divaksin, apakah itu dosis pertama atau booster,” tutur Merkel.

Dalam podcast-nya, Merkel juga berterima kasih kepada mereka yang sudah memberikan pengertian dalam pandemi ini dan mematuhi aturan guna melindungi diri mereka sendiri dan menjaga orang lain.

“Anda semua adalah mayoritas besar di negara kita. Anda menunjukkan tanggung jawab sipil yang begitu luar biasa tentang negara kita,” tutur Merkel.

Baca juga: Kalah Pemilu, Angela Merkel Beri Selamat ke Calon Kanselir Jerman

Merkel pertama kali meluncurkan podcast mingguannya pada 2006. Kala itu, dia mengingat bahwa sangat tidak biasa bagi seorang kepala pemerintahan berbicara kepada publik melalui online secara langsung.

“Harapan saya pada saat itu, bahwa Piala Dunia harus menjadi pesta besar bahkan di luar stadion,” ujar Merkel.

Selama masa jabatannya, Merkel membahas berbagai topik dalam setiap podcast-nya mulai dari digitalisasi hingga anti-Semitisme.

Baca juga: 16 Tahun Jadi Kanselir Jerman, Apa yang Dilakukan Merkel Setelah Pensiun?

Dan dalam dua tahun terakhir, dia sering berbicara tentang pandemi dalam podcast-nya.

Setelah 16 tahun berkuasa, Merkel kemungkinan akan digantikan oleh Olaf Scholz dari Partai Sosial Demokrat dalam pemungutan suara memilih kanselir baru di parlemen pada Rabu (8/12/2021).

Salah satu langkah awal Scholz yang diharapkan adalah mengesahkan undang-undang yang mewajibkan vaksinasi mulai Februari atau Maret 2022.

Baca juga: Hasil Pemilu Jerman Sangat Ketat, Ketidakpastian Selimuti Siapa Pengganti Angela Merkel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com