Biden dan Putin Dijadwalkan Bertemu Secara Virtual di Tengah Ketegangan Ukraina

Kompas.com - 05/12/2021, 10:16 WIB
Presiden Amerika Serikat Joe Biden saat konferensi pers di La Nuvola dalam KTT G20 di Roma, Italia, Minggu (31/10/2021). AP PHOTO/ANDREW MEDICHINIPresiden Amerika Serikat Joe Biden saat konferensi pers di La Nuvola dalam KTT G20 di Roma, Italia, Minggu (31/10/2021).

WASHINGTON, DC, KOMPAS.com – Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin dijadwalkan akan melakukan perbincangan secara virtual di tengah-tengah ketegangan antara AS dan Rusia yang meningkat karena penambahan pasukan Rusia di perbatasan Ukraina yang dipandang sebagai tanda invasi potensial.

Komunikasi antara dua pemimpin negara ini rencananya dilakukan pada Selasa (7/12/2021).

Gedung Putih dan Kremlin sama-sama mengonfirmasi kabar tersebut.

Baca juga: Rusia Disebut Siapkan 175.000 Tentara untuk Serang Ukraina

Sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki pada Sabtu (4/12/2021), membenarkan adanya rencana panggilan video antara Presiden Biden dan Vladimir Putin, setelah kabar pertama datang dari Moskow.

Menurut Psaki, Biden akan menekan kekhawatiran AS tentang kegiatan militer Rusia di perbatasan dan menegaskan kembali dukungan AS untuk kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina, seperti dilansir dari AP, Minggu (5/12/2021).

Sementara, Putin dilaporkan akan “datang” ke telepon dengan keprihatinan sendiri dan bermaksud untuk mengekspresikan oposisi Rusia untuk setiap langkah untuk mengakui Ukraina ke dalam aliansi militer NATO.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan presiden akan memutuskan sendiri berapa lama pembicaraan mereka akan berlangsung.

Panggilan di antara keduanya diketahui terakhir terjadi pada Juli 2021.

Saat itu Biden meminta Putin untuk mengendalikan geng peretas kriminal yang berbasis di Rusia yang meluncurkan serangan Ransomware terhadap AS.

Baca juga: Kremlin: Ukraina Ingin Merebut Crimea Sama Saja Ancaman bagi Rusia

Biden mengatakan AS akan mengambil langkah apa pun yang diperlukan untuk melindungi infrastruktur penting dari serangan semacam itu.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.