Hampir 2 Tahun Pandemi Covid-19, Kepulauan Cook Baru Laporkan Kasus Perdana

Kompas.com - 04/12/2021, 19:11 WIB
Pulau Rarotonga, pulau terbesar di Kepulauan Cook dilihat dari udara pada 30 Agustus 2012. AFP PHOTO/MARTY MELVILLEPulau Rarotonga, pulau terbesar di Kepulauan Cook dilihat dari udara pada 30 Agustus 2012.

AVARUA, KOMPAS.com - Kepulauan Cook pada Sabtu (3/12/2021) mencatat kasus Covid-19 pertama sejak pandemi dimulai, ketika negara Pasifik Selatan itu bersiap membuka kembali perbatasannya untuk turis.

Negara berpenduduk sekitar 17.000 orang ini memiliki salah satu tingkat vaksinasi tertinggi secara global, dengan 96 persen dari populasi yang memenuhi syarat mendapat dosis ganda.

Baca juga: Jerman Punya 925.800 Kasus Aktif Covid-19 Saat Ini, Akan Lockdown Warga yang Tak Vaksin

Virus itu terdeteksi pada seorang bocah lelaki berusia 10 tahun yang dikarantina setelah tiba dengan penerbangan repatriasi bersama keluarganya pada Kamis (2/12/2021), kata Perdana Menteri Kepulauan Cook Mark Brown dalam sebuah pernyataan.

Bocah itu diyakini terbang dari Selandia Baru.

"Kami telah mempersiapkan diri untuk kami membuka kembali perbatasan kami. Rezim pengujian kami telah menunjukkan kualitas persiapan itu dengan menangkap kasus ini di perbatasan," kata Brown melansir AFP.

Baca juga: Coba Menipu Perawat, Seorang Pria Gunakan Lengan Palsu saat Divaksin Covid-19

Negara kepulauan ini telah menutup diri dari dunia ketika pandemi melanda. Tapi Kepulauan Cook mengumumkan rencana untuk melanjutkan perjalanan bebas karantina dengan Selandia Baru pada 14 Januari.

Gelembung perjalanan singkat dengan Selandia Baru dihentikan awal tahun ini ketika wabah virus Covid-19 muncul di Auckland.

Baca juga: Australia Temukan Kasus Lokal Pertama Covid-19 Varian Omicron

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.