Varian Omicron Sudah Ada di Eropa Sebelum Kasus Pertama di Afrika Selatan

Kompas.com - 02/12/2021, 11:56 WIB
Ilustrasi varian Omicron (B.1.1.529). Dokter di Afrika Selatan yang pertama kali menyadari ada varian baru Covid-19 mengatakan, gejala varian Omicron sangat ringan seperti infeksi virus umumnya. Nama untuk varian Omicron, diambil WHO dari huruf ke-15 dalam alfabet Yunani. SHUTTERSTOCK/natatravelIlustrasi varian Omicron (B.1.1.529). Dokter di Afrika Selatan yang pertama kali menyadari ada varian baru Covid-19 mengatakan, gejala varian Omicron sangat ringan seperti infeksi virus umumnya. Nama untuk varian Omicron, diambil WHO dari huruf ke-15 dalam alfabet Yunani.

DEN HAAG, KOMPAS.com - Data baru dari Belanda pada Selasa (30/11/2021) menunjukkan, Covid-19 varian Omicron sudah ada di Eropa sebelum kasus pertama terdeteksi di Afrika Selatan.

Menurut laporan NBC News, otoritas kesehatan Belanda RIVM menemukan varian Omicron di kasus Covid-19 yang berumur 11 hari.

Itu artinya, varian Omicron sudah menyebar di Eropa barat sebelum kasus pertama diidentifikasi di selatan Afrika.

Baca juga: 5 Negara Terbaru yang Umumkan Kasus Pertama Varian Omicron, dari AS hingga Korsel

RIVM (Institut Nasional Kesehatan dan Lingkungan Publik Belanda) menemukan varian Omicron yang berasal dari kasus tanggal 19 dan 23 November 2021.

Temuan dari hasil tes di bandara Schiphol Amsterdam itu mendahului kasus pertama di Afrika Selatan yang diumumkan pada Jumat (25/11/2021).

“Belum diketahui apakah orang-orang yang bersangkutan (dalam kasus-kasus tersebut) juga pernah ke Afrika selatan,” kata RIVM dikutip dari NBC.

Mereka menambahkan, orang-orang tersebut sudah diberitahu tentang Omicron-nya dan layanan kesehatan setempat telah memulai pelacakan kontak.

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Sumber AFP,NBC News
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.